PENGERTIAN PENANGANAN DELIRIUM – Kesembuhan total dari delirium merupakan hal yang mungkin jika sindrom tersebut diidentifikasi dengan benar dan penyebabnya ditangani dengan cepat dan efektif. Umumnya diperlukan waktu satu hingga empat minggu untuk sembuh sepenuhnya; diperlukan waktu lebih lama bagi pasien lanjut usia dibanding pada pasien yang lebih muda. Meskipun demikian, jika kondisi yang menyebabkannya tidak ditangani, otak dapat mengalami kerusakan permanen dan pasien akhirnya meninggal.

Mengenai tingkat kejadian delirium yang tinggi pada orang-orang lanjut usia yang dirawat di rumah sakit, sebuah studi baru-baru ini menguji efektivitas berbagai strategi pencegahan primer dengan kata lain, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya delirium sejak awal. Para peneliti menguji 852 pasien rawat inap yang berusia 70 tahun atau lebih, beberapa di antaranya mendapatkan perawatan standar dan beberapa di antaranya mendapatkan intervensi yang dirancang untuk mencegah terjadinya delirium. Intervensi tersebut mencakup berbagai protokol yang distandardisasi untuk menangani berbagai faktor risiko delirium seperti kurang tidur, imobilitas, dehidrasi, kelemahan penglihatan dan pendengaran, dan kelemahan kognitif. Tingkat kejadian delirium pada para pasien yang mendapatkan intervensi tersebut secara signifikan lebih rendah, dan pada mereka yang mengalami delirium, durasi episodenya secara signifikan lebih singkat.

Salah satu aspek manajemen delirium yang sering kali diabaikan adalah memberikan pendidikan kepada keluarga penderita demensia untuk mengenali simtom-simtom delirium dan mengetahui bahwa gangguan tersebut dapat dipulihkan. Hal ini penting karena mereka kemungkinan menginterpretasi terjadinya delirium sebagai suatu tahap demensia progresif. Contohnya, seorang pasien yang menderita penyakit Alzheimer dapat mengalami demam tinggi karena infeksi dan mulai mengalami halusinasi dan bertingkah laku secara aneh. Simtom-simtom baru tersebut, yang terjadi di atas kondisi kemunduran intelektual yang telah diketahui oleh para anggota keluarga, dapat membuat mereka menyimpulkan bahwa pasien mengalami kemunduran secara cepat dan tidak dapat dipulihkan. Mereka dapat mengambil keputusan yang terlalu dini untuk memasukkan pasien ke institusi perawatan. Meskipun demikian, dengan diagnosis dan penanganan yang tepat orang yang bersangkutan biasanya dapat kembali ke kondisi sebelumnya, yang meskipuii bermasalah, namun dapat ditangani di rumah.

Filed under : Bikers Pintar,