Advertisement

MONEY SUPPLY / PENAWARAN UANG adalah jumlah uang yang beredar dalam suatu perekonomian. Penawaran uang dapat ditentukan melalui berbagai cara dan total nilai uang dalam peredaran tergantung pada definisi penawaran uang yang digunakan. Definisi sempit dari penawaran uang hanya mencakup aktiva-aktiva yang dimiliki dalam bentuk LIKUIDITAS (LIQUIDITY) (yaitu, aktiva-aktiva yang dapat digunakan untuk membiayai suatu transaksi secara langsung, misalnya uang kertas dan uang logam). Definisi luas mencakup aktiva-aktiva lain yang kurang likuid tapi masih dianggap penting dalam menyokong pembelanjaan (misalnya, banyak deposito hari tua yang harus ditarik dan dikonversikan terlebih dulu ke dalam bentuk uang kertas dan uang logam sebelum dapat digunakan).
Besarnya penawaran uang merupakan faktor penentu penting dari tingkat pembelanjaan dalam perekonomian dan pengendaliannya merupakan perhatian khusus dari KEBIJAKAN MONETER (MONETARY POLICY) . Bagaimanapun, para pejabat moneter mempunyai suatu masalah karena, dengan sejumlah definisi penawaran uang yang ada, sulit bagi mereka untuk memutuskan kategori penawaran uang yang paling layak digunakan untuk tujuan pengendalian. Lagipula, setelah menetapkan suatu definisi tertentu. mereka masih menghadapi kesulitan tambahan dalam pengendalian karena potensi perubahan aktiva dari suatu kategori uang ke kategori uang yang lain. Contoh: jika para pejabat moneter menetapkan M3 (mata uang ditambah deposito bank) untuk tujuan pengendalian, maka kemugkinannya tidak cukup dengan hanya melalui pengurangan pembelanjaan. Para pemakai uang mungkin akan menggunakan deposito hari tua mereka (jenis uang M4) atau tabungan nasional (jenis uang M3) untuk membiayai pembelian kebutuhan sekarang.
Pada tahun 1980-an pemerintah Inggris, sebagai bagian dari STRATEGI KEUANGAN JANGKA MENENGAH (MEDIUM-TERM FINANCIAL STIITEGY) pada awalnya, menetapkan serangkaian sasaran untuk pertumbuhan mata uang Sterling M3 dan kemudian MO. Pada tahun-tahun terakhir ini sasaran formal penawaran uang telah ditinggalkan, walaupun para pejabat moneter tetap meneruskan pantauan MO bersama-sama dengan M4 sebagai indikator keadaan moneter secara umum dalam suatu perekonomian. Lihat LEGAL TENDER.

Incoming search terms:

  • mengukur penawaran uang dengan menggunakn m3
  • penertian pengendalian penawaran
  • pengertian m3/m4

Advertisement
Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • mengukur penawaran uang dengan menggunakn m3
  • penertian pengendalian penawaran
  • pengertian m3/m4