Advertisement

PENGERTIAN PENCARI JARAK (rangefinder) – Suatu alat untuk menentukan atau menepatkan jarak suatu benda. Hampir seluruh alat macam ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang cahaya. Tetapi ada juga yang me iiakai gelombang suara dan gelombang radio, seperti penduga kedalaman laut.

Salah satu jenis penemu jarak terdapat pada kamera foto. Penemu jarak bersatu dengan mekanisme penyetel lensa agar proses pencarian jaraknya secara otomatis juga menepatkan lensa. Hingga kini dikenal dua metode pencari jarak kamera, yakni dengan bayangan belah dan gambar kembar. Keduanya didasarkan pada fakta bahwa saat suatu benda dibidik dari dua tempat yang berbeda, garis-garis yang terlihat akan bertemu pada bendanya. Sudut pertemuan membesar bila benda makin dekat, dan akan berkurang bila benda bergerak ke arah yang lebih jauh.

Advertisement

Pada pembidik gambar kembar, dua gambar bidikan dihasilkan oleh pembidik yang terpisah, satu di antaranya adalah jendela pembidik. Bayangan kedua dihasilkan oleh jendela kedua yakni lensa kamera, bagian yang memiliki kaca dan beberapa prisma. Bayangan-bayangan itu kemudian bergabung dan membentuk bayangan kembar yang akan terus terlihat selama lensa dalam keadaan tak tepat. Dua bayangan harus dibuat bergabung, menjadi satu. dengan menyetel : incin lensa. Bila lensa dalam keadaan tepat, gambar kembar itu akan menjadi satu.

Pada penemu jarak dengan metode bayangan belah, sewaktu lensa berada dalam keadaan tak tepat, bayangan terbelah menjadi dua. Bayangan harus diluruskan dan belahannya dihilangkan dengan memutar pencari jarak hingga lensa dalam keadaan tepat, sesuai dengan jarak benda sesungguhnya. Penemu jarak ini dirangkai menjadi satu dengan cincin penepat jarak pada lensa.

Incoming search terms:

  • fungsi rangefinder
  • kamera microless

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • fungsi rangefinder
  • kamera microless