Advertisement

PENGERTIAN PENCERNAAN – Suatu proses pemecahan dan pengolahan makanan menjadi nutrien yang dapat diserap oleh usus. Makanan mula-mula dihaluskan di dalam mulut melalui proses pengunyahan oleh gigi-geligi Selain itu, air liur yang mengandung enzim amilase mulai memecah ikatan karbohidrat yang kompleks menjadi ikatan yang sederhana, yaitu maltosa dan glukosa.

Di dalam lambung, makanan dicampur dan lebih dihaluskan lagi berkat pergerakan yang ditimbulkan oleh lambung. Selain itu, makanan mengalami pemecahan lebih lanjut oleh berbagai enzim yang dihasilkan oleh lambung. Di antaranya adalah pepsinogen, yang diubah menjadi bentuk aktifnya, pepsin, oleh asam klorida yang juga dihasilkan lambung. Pepsin memecah ikatan protein menjadi bentuk yang lebih sederhana, yaitu peptida. Produksi sekresi lambung ini dipengaruhi oleh susunan saraf pusat.

Advertisement

Di sini makanan bercampur dengan cairan empedu dan pankreas, mukus, serta enzim lainnya dari usus halus seperti peptidase, lipase, dan disci iridase. Cairan dari pankreas yang mengandung en ;m untuk pencernaan karbohidrat, protein, dan le- itiaA bersifat basa, sehingga makanan yang masuk ke dalam usus halus tidak bersifat asam lagi. Makanan mengalami pengolahan lebih lanjut sehingga menjadi nutrien yang siap diserap oleh sel-sel usus halus. Penyerapan glukosa, asam amino, dan lemak umumnya terjadi pada usus halus bagian tengah. Usus halus bagian bawah menyerap vitamin B 12, asam empedu, air dan elektrolit. Nutrien yang sudah diserap diangkut ke seluruh sel tubuh melalui aliran darah atau ge th bening. Pergerakan usus halus sedemikian teratur sehingga memungkinkan terjadinya pencampuran makanan dengan enzim, penyerapan nutrien, dan pergerakan makanan ke usus besar. .

Kecepatan penyerapan berlainan untuk berbagai nutrien. Glukosa, asam amino, beberapa jenis lemak, dan air diserap dalam jumlah besar. Sebaliknya, vitamin B 12 dan zat besi diserap dalam jumlah kecil. Penyerapan nutrien ini berlangsung melalui difusi dan transport pasif. Pada mekanisme ini nutrien diserap selaput lendir usus melalui proses difusi dan osmosis, taroa memerlukan energi.

Isus besar tidak berfungsi dalam pencernaan ma-kanan. Organ ini merupakan tempat penampungan sisa-sisa makanan dan penyerapan cairan. Di sini juga terjadi pertukaran elektrolit, sehingga keseimbangan asam basa tetap terjaga.

Incoming search terms:

  • dipeptida akan mengalami pemecahan lebih lanjut oleh enzim yang dihasilkan usus halus yakni
  • arti pencernaan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • dipeptida akan mengalami pemecahan lebih lanjut oleh enzim yang dihasilkan usus halus yakni
  • arti pencernaan