PENGERTIAN PENCITRAAN OTAK: “MELIHAT” OTAK – Karena banyak masalah behavioral dapat ditimbulkan oleh berbagai abnormalitas otak, tes-tes neurologis, seperti menguji refleks, meneliti retina untuk menemukan indikasi kerusakan pembuluh darah, dan mengevaluasi koordinasi motorik dan persepsi, selama bertahun-tahun telah digunakan untuk mendiagnosis disfungsi otak. Belum lama ini, telah tersedia berbagai alat yang memungkinkan para ahli klinis dan peneliti mengamati secara langsung struktur dan fungsi otak. Computerized axial tomography, atau CT atau CAT scan, membantu mengukur berbagai abnormalitas struktural otak (dan mampu mencitrakan berbagai bagian tubuh lainnya untuk kepentingan medis). Sorotan sinar X yang bergerak melintas hemisfer horizontal otak pasien, melakukan pemindaian 360 derajat; detektor gerakan sinar X yang diletakkan di sisi lain mengukur jumlah radioaktivitas yang menembus, sekaligus mendeteksi perbedaan halus dalam kepadatan jaringan. Komputer memanfaatkan informasi tersebut untuk menciptakan citra hemisfer melintang secara rinci dalam dua dimensi, dan memberikan perbandingan optimal. Kemudian, kepala pasien digerakkan dan mesin tersebut memindai potongan lainnya. Citra yang dihasilkan dapat menun jukkan pembesaran rongga otak yang menandakan degenerasi jaringan dan lokasi tumor dan gumpalan darah Salah satu alat baru berbasis komputer untuk mengamati otak hidup adalah magnetic resonance imaging, yang juga dikenal sebagai MRI, yang lebih baik dari CT scan karena menghasilkan gambar berkualitas lebih tinggi dan tidak tergantung walaupun hanya pada sejumlah kecil radiasi seperti yang dibutuhkan oleh sebuah CT scan. Dalam MRI orang yang diperiksa ditempatkan di dalam sebuah magnet besar yang berbentuk lingkaran, yang menyebabkan atom-atom hidrogen dalam tubuh bergerak. Ketika tenaga magnetik dimatikan, atom-atom tersebut kembali ke posisi semula sehingga menghasilkan suatu sinyal elektromagnetik. Sinyal-sinyal tersebut kemudian dibaca oleh komputer dan diterjemahkan menjadi gambar-gambar jaringan otak. Implikasi teknik ini sangat banyak. Sebagai contoh, teknik ini me mungkinkan para dokter menemukan lokasi dan membuang tumor-tumor otak yang halus yang tidak dapat dilakukan tanpa metode pengamatan struktur otak yang sedemikian canggih.
Baru-baru ini, suatu modifikasi yang disebut fMRI (functional MRI), telah dikembangkan dan memungkinkan para peneliti memperoleh gambar-gambar MRI dengan sangat cepat sehingga berbagai per-ubahan metabolik dapat diukur, meng hasilkan gambar otak yang sedang bekerja, bukan sekadar gambar strukturnya saja. Dengan menggunakan teknik ini, berbagai studi telah menemukan kurangnya aktivasi dalam lobus frontalis pasien skizofrenia dib_andtrig dalam lobus frontalis orang-orang normal pada saat mereka melakukan tugas kognitif (a.I., Yurgelon-Todd dkk.. 1996).
Positron Emission Tomography, PET scan, suatu prosedur yang lebih mahal dan lebih invasif, memungkinkan pengukuran struktur dan fungsi otak sekaligus. Suatu zat yang digunakan otak ditandai dengan isotop radioaktif berjangka hidup pendek dan disuntikkan ke dalam aliran darah.
Molekul-molekul radioaktif zat tersebut menghasilkan partikel yang disebut positron, yang segera bertabrakan dengan elektron. Sepasang partikel ringan berenergi tinggi dilepaskan dari tengkorak kepala ke arah yang berlawanan dan dideteksi oleh pe mindai. Komputer menganalisis jutaan rekaman sejenis dan mengubahnya menjadi gambar otak yang sedang bekerja. Berbagai citra tersebut berwarna; titik-titik kabur yang berwarna lebih terang dan cerah merupakan area di mana tingkat metabolik zat tersebut lebih tinggi.

Citra visual otak yang sedang bekerja dapat menunjukkan berbagai lokasi kejang karena epilepsi, kanker otak, stroke, dan trauma karena cedera kepala, juga distri busi obat-obat psikoaktif di dalam otak. Alat pemindai PET juga digunakan untuk mempelajari kemungkinan proses-proses biologis abnormal yang menyebabkan berbagai gangguan, seperti kegagalan aktivasi korteks frontalis para pasien skizofrenia ketika mereka berusaha melakukan suatu tugas kognitif.

Filed under : Bikers Pintar,