Advertisement

Penderitaan dapat pula timbul akibat noda dosa pada hati manusia (AlGazali, abad ke-11). Menurut Al-Ghazali dalam kitabnya, Ihyaa’ Ulumuddin, orang yang suka iri hati, hasad, dan dengki akan menderita hukuman lahir-batin, dan selalu akan merasa tidak puas dan tidak kenal berterima kasih. Padahal dunia tidak berkekurangan untuk orang-orang di segala zaman. Allah telah memberi ilmu dan kekayaan atau kekuasaan-Nya Karena itu, penderitaan-penderitaan lahir ataupun batin akan selalu menimpa orang-orang yang mempunyai sifat iri hati, hasad, dengki selama hidupnya sampai akhir kelak.

Untuk mengobati hati yang menderita ini;,sebelumnya perlu diketahui tanda-tanda hati yang sedang gelisah (hati yang sakit). Perlu diketahui bahwa setiap anggota badan diciptakan untuk melakukan suatu pekerjaan. Apabila hati sakit, maka ia tidak dapat mplakukan pekerjaan dengan sempurna ia kacau dan gelisah. Ciri hati yang tidak dapat melakukan pekerjaan ialah apabila ia tidak dapat berilmu, berhikmah, bermakrifat, mencintai Allah dengan menyembah-Nya, merasa erat dan nikmat mengingat-Nya.

Advertisement

Sehubungan dengan pernyataan ciri-ciri yang menderita, Tuhan berfirman: “Aku tidak menciptakan manusia dan jin itu selain hanya agar menyembah kepada-Ku” (Q : 51 : 56). Barang siapa merasa mengerti sesuatu, tetapi tidak mengenal Allah, maka sesungguhnya orang itu tidak mengerti apa-apa. Barang siapa mempunyai sesuatu yang sangat dicintainya lebih daripada mencintai Allah, maka sesungguhnya hatinya sakit. “Katakanlah, hai Muhammad, apabila orang tuamu, anakmu, saudaramu, istrimu, handai tolanmu dan harta bendamu yang engkau tumpuk dalam simpanan serta barang dagangan yang engkau khawatirkan ruginya dan rumah tempat tinggal yang kamu senangi itu lebih kamu cintai daripada Allah dan rasul-Nya serta berjuang di jalan Alah, maka tunggulah sampai perintah Allah datang” (Q : 9 : 24).

Hal lain yang menimbulkan derita terhadap seseorang adalah merasakan suatu keinginan atau dorongan yang tidak dapat diterima atau menimbulkan keresahan, gelisah, atau derita. Maka ia pun berusaha menjauhkan diri dari lingkup kesadaran atau perasaannya. Akhirnya, keinginan atau dorongan itu tertahan dalam alam bawah sadar. Namun, sering orang itu mengekspresikan keinginan atau dorongan itu secara tidak sadar atau dengan ucapan yang keliru. Atau, apakah orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya mengira bahwa Allah tidak akan menampakkan kedengkian mereka? “Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya, tetapi kamu benar-benar mengenal mereka dari nada bicara mereka, dan Allah mengetahui perbuatan-perbuatan kamu” (Q : 47 : 29, 30). Demikianlah Alquran telah mengisyaratkan tentang adanya ciri-ciri orang yang tidak sadar (menderita) lewat kata-kata yang keliru, sejak 14 abad yang lalu sebelum dikemukakan oleh Freud, pencipta teori psikoanalisis. Bahkan sebuah hadits mengatakan: “Tak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia kecuali jika Allah akan memberinya penutup. Apabila penutup itu baik, maka rahasia itu baik, dan apabila penutup itu buruk, maka buruk pula rahasia itu” (Tafsir Ibr Katsir, vol 4 h. 180).

Obat supaya hati sehat difirmankan Allah sebagai berikut: “Kecuali orang yang datang ke hadirat Tuhan dengan hati yang suci” (Q : 26 : 89). Jadi, mengenal atau makrifat kepada Allah yang membawa semangat taat kepada Allah dengan cara menentang hawa nafsu, merupakan obat untuk menyembuhkan penyakit dalam hati (menderita gelisah) (AlGhazali, abad ke-11).

Incoming search terms:

  • penderitaan dan noda dosa pada hati manusia
  • dosa di sebabkan oleh hati
  • penderitaan dan nada dosa pada hati
  • ciri-ciri penderitaan dan noda dosa pada hati
  • IBD penderitaan dan noda dosa pada hati manusia
  • noda dosa pada hati manusia

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • penderitaan dan noda dosa pada hati manusia
  • dosa di sebabkan oleh hati
  • penderitaan dan nada dosa pada hati
  • ciri-ciri penderitaan dan noda dosa pada hati
  • IBD penderitaan dan noda dosa pada hati manusia
  • noda dosa pada hati manusia