Advertisement

PENGERTIAN PENGADILAN PUISI – Adalah pertemuan masyarakat sastra di Bandung pada tahun 1974 yang membuat heboh masyarakat sastra di Indonesia. Pertemuan tersebut diselenggarakan pada tanggal 8 September 1974 di aula Universitas Katolik Parahiyangan, Bandung, atas inisiatif beberapa penyair muda dan pihak swasta.

Pada pertemuan itu pembicaraan puisi Indonesia mutakhir dilakukan tidak dengan ceramah penyampaian makalah, tetapi dengan cara pengadilan. Yang menjadi terdakwa adalah puisi Indonesia yang diwakili kursi kosong. Jaksa penuntut Slamet Sukirnanto, hakim ketua Sanento Juliman, anggota Darmanto Jt., pembela Taufik Ismail, sedangkan para saksi boleh siapa saja yang hadir dalam pertemuan unik tersebut. Tuduhan dan tuntutan terhadap puisi Indonesia saat itu adalah agar para kritikus mengundurkan diri, karena sudah tak mampu mengikuti gerak laju puisi Indonesia, para redaktur majalah sastra Horison dicutikan, para penyair mapan dilarang menulis puisi, begitu pula para epigonnya.

Advertisement

Sekitar dua minggu setelah peristiwa tersebut, di Fakultas Sastra Universitas Indonesia diselenggarakan acara “Jawaban atas Pengadilan Puisi” dari mereka yang diserang di Bandung. Maka hebohlah dunia sastra ketika itu.

Gejala tersebut sebenarnya menunjukkan munculnya kelompok baru dalam perpuisian Indonesia yang bersifat avant garde. Para penyair muda yang berinisiatif dan mendakwa para penyair mapan waktu itu adalah pendukung gerakan avant garde tersebut, seperti Darmanto Jt. dan Sutardji Calzoum Bachri. Mereka tidak puas terhadap perpuisian yang telah ada lengkap dengan para penyair mapannya, para kritikusnya dan media yang menyiarkan puisi “yang dapat saya tulis dengan telapak kaki saya” seperti diungkapkan penyair Sutardji dalam pertemuan tersebut.

Incoming search terms:

  • pengadilan puisi
  • faktor yang menyebabkan pengadilan puisi
  • peristiwa pengadilan puisi
  • puisi tentang pengadilan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengadilan puisi
  • faktor yang menyebabkan pengadilan puisi
  • peristiwa pengadilan puisi
  • puisi tentang pengadilan