Advertisement

PENGERTIAN PENGINDERAAN JAUH – Suatu kegiatan pengenalan atau penilaian suatu sasaran tanpa menyentuh atau berada di tempat sasaran yang dimaksud. Pengambilan potret dari udara atau satelit dan penafsiran potret itu merupakan bagian dari penginderaan jauh. Di samping penggunaan potret (dengan cahaya tampak atau inframerah, dan dengan berbagai filter), sekarang juga dapat digunakan pengindera (sensor) yang bekerja pada daerah ultraviolet, inframerah dan mikrogelombang. Peranti pemindai {scanning device) seperti misalnya radar yang bekerja pada daerah mikrogelombang, akan menghasilkan pula citra atau bayangan. Semua metode penginderaan jauh ini banyak membantu dalam pembuatan peta untuk berbagai maksud.

Hampir semua eksperimen astrofisika pada hakikatnya adalah penginderaan jauh, karena yang diamati adalah proses yang terjadi jauh di angkasa luar. Pengukuran kandungan pencemar dalam atmosfer juga dapat dikatakan sebagai penginderaan jauh karena letak detektor (umumnya spektrofotometer laser) terletak cukup jauh dari udara yang tercemar. Sumber laser dan detektor ini terletak di dua gedung yang berjauhan yang mengapit udara yang diselidiki.

Advertisement

Penginderaan jauh yang dilakukan dalam bidang perhutanan bertujuan untuk memperoleh data tentang areal yang berhutan, massa dan komposisi hutan atau tegakannya. Penginderaan jauh tersebut dilaksanakan dengan survai udara atau dengan menganalisis potret udara atau gambar-gambar lain yang dibuat satelit. Survai udara dilakukan dengan pesawat kecil, antara lain Cessna, Piper Astec, Dakota, dan Sky Van. Pengamatannya berlangsung dari ketinggian 300- 1.000 meter dari permukaan tajuk pohon, dengan kecepatan 150 – 300 kilometer per jam. Pengamatan yang mem-pergunakan helikopter akan memberikan hasil yang lebih baik.

Untuk memperoleh hasil survai dan analisis yang baik, diperlukan pengalaman dalam mengenal tipe tumbuhan, menafsir kerapatan tegakan, dan mengenal jenis-jenis tanaman yang penting.

Advertisement