Advertisement

PENGERTIAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIKA (Electronic Data Processing, EDP) – Atau Data Processing, atau juga pengolah data atau pemrosesan data, adalah istilah umum yang menunjuk kepada pengolahan data melalui alat elektronika atau melalui komputer. Setelah ada peranti lunak pengolahan data, kita memasukkan data ke dalam komputer. Kegiatan ini dikenal sebagai pemasukan data. Setelah diolah oleh komputer, hasil olahan dapat dikeluarkan dalam berbagai bentuk keluaran, sebagai tampilan di layar atau sebagai cetakan di atas kertas. Data yang telah diolah ini dikenal pula sebagai informasi.

Biasanya, data itu disimpan di dalam berkas data. Berkas data terdiri atas sejumlah catatan (record) sedang setiap catatan terdiri atas sejumlah ruas (field). Berkas demikian dikenal juga sebagai berkas induk. Untuk menjaga kemungkinan rusak pada berkas induk, biasanya, kita membuat lagi berkas arsip yang dikenal dengan nama back up. Manakala data di dalam berkas perlu dimutakhirkan (updating), maka kita membentuk berkas yang berisikan u Dahan itu. Berkas ini dikenal sebagai berkas transaksi (transaction file). Berkas transaksi ini digunakan untuk me- mutakhirkan berkas induk. Data yang dibuang pada pemutakhiran juga dikenal sebagai purge data.

Advertisement

Ada beberapa cara untuk menemukan catatan di dalam berkas. Cara pertama adalah mencarinya secara berturutan atau sekuensial (sequential). Cara kedua adalah mencarinya secara langsung (direct). Dan cara ketiga adalah mencarinya melalui suatu sistem indeks. Selanjutnya, cara menemukan berkas itu sendiri. biasanya, dilakukan melalui sistem direktori pada disk atau disket.

Advertisement