Advertisement

Suatu penyakit kronis dengan gejala utama gangguan pendengaran, mabuk, dan perasaan seolah mendengar bunyi-bunyian (tinnitus) pada salah satu atau kedua telinga. Biasanya, penyakit ini terjadi akibat kelainan fungsi telinga bagian dalam dan alat keseimbangan (labyrinth). Kelainan ini menimbulkan rasa mual dan muntah. Penyakit ini pertama kali dikemukakan oleh dokter Prosper Meniere dari Perancis pada tahun 1861.

Yang terkena biasanya orang berusia lanjut, baik laki-laki maupun wanita. Gejala awal berupa gangguan pendengaran pada salah satu sisi telinga, rasa pengang atau “penuh” di dalam telinga, disertai suara mendenging atau gemuruh. Rasa mual dan mabuk timbul mendadak, bisa sampai muntah, dan berlanjut selama beberapa menit atau beberapa jam. Datangnya serangan tidak menentu, dan sering hilang timbul. Istirahat dapat mengurangi beratnya serangan. Di luar serangan, pendengaran dapat pulih kembali. Namun, gangguan pendengaran bisa semakin parah sampai tuli sama sekali, dan kadang-kadang rasa mabuk disertai gerakan bola mata ke kiri dan kanan (nystagmus) tanpa disadari.

Advertisement

Karena penyebab penyakit ini belum diketahui dengan jelas, pengobatan hanya ditujukan untuk mengatasi gejala yang dikeluhkan oleh penderita. Tindakan pembedahan untuk eksplorasi serabut saraf yang mcmpersarafi telinga dapat dilakukan apabila pengobatan tidak berhasil.

Incoming search terms:

  • pengertian dan penyebab penyakit meniere

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian dan penyebab penyakit meniere