Advertisement

Pengertian perjalanan angkasa.

Dahulu tidak terpikirkan bahwa suatu waktu manusia akan dapat terbang mengarungi angkasa. Sekarang orang sudah bisa menuju ke luar angkasa, meninggalkan planet bumi dan bahkan menjejakkan kaki hingga berjalan di bulan.

Mengitari Bumi.

Nah, bagaimana kita dapat meluncurkan benda ke ruang angkasa? Apabila Anda melempar bola ke udara, benda itu akan jatuh kembali disebabkan tarikan bumi atau gaya berat. Semakin kuat anda lemparkan semakin tinggi bula itu melambung. Andaikata dapat Anda lemparkan dengan kecepatan 40.000 km/jam, bola itu akan mengatasi gaya berat dan sekaligus menyelinap ke ruang angkasa. Pada kecepatan yang lebih rendah, seumpama 28.000 km/jam, bola itu bisa mengitari bumi.

Macam jenis pesawat antariksa.

Dengan menggunakan roket sebagai tenaga pendorong. Kecepatan yang tinggi ini dapat diperoleh sehingga bisa memenuhi batas amabang untuk bisa naik kea ruang ankasa. Pada bulan oktober 1957, Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit buatan ke dalam orbit sampai ke ketinggian 900 km di atas bumi. Pada tingkat ketinggan itu, udara sedang renggang dan tidak lagi memperlambat satelit. Oleh sebab itu, satelit tetap berputar pada kecepatan yang stabil tanpa memerlukan mesin. Sejak tahun 1957 ratusan macam jenis pesawat antariksa diluncurkan ke dalam orbit dan berhasil menjelajahi angkasa.

Filed under : Bikers Pintar,