PENGERTIAN PERSAINGAN

72 views

Persaingan adalah suatu peijuangan (struggle) dari fihak-fihak untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Suatu ciri dari persaingan adalah perjuangan menyingkirkan fihak lawan itu dilakukan secara damai atau secara “fair-play”, artinya selalu menjunjung tinggi batas-batas yang diharuskan.

Persaingan dapat teijadi dalam segala bidang kehidupan, misalnya bidang ekonomi dan perdagangan, kedudukan, kekuasaan, percintaan, dan sebagainya. Persaingan dalam mana meliputi beberapa fihak yang melakukan persaingan, fihak-fihak yang berkompetisi (bersaing) disebut “saingan” (“rivarly”). Walaupun persaingan ini merupakan interaksi yang dissosiatif akan tetapi juga mempunyai fungsi. Menurut Horton dan Hunt, fungsi persaingan adalah:

  1. Persaingan boleh dianggap sebagai suatu alat pendistribusian yang tidak sempurna.
  2. Persaingan dapat membentuk sikap tertentu bagi yang melakukan persaingan (competetors). Ketika perorangan atau kelompok melakukan persaingan, biasanya akan membangun ketidak-kawanan dan sikap yang kurang baik di antara mereka.
  3. Persaingan dapat memberikan stimulasi atau rang-sangan kepada setiap orang untuk melakukan pres-tasi yang lebih baik.

Persaingan juga memberikan rangsangan tertentu. Rangsangan dari suatu persaingan pada dasarnya dan bagaimanapun paling sedikit terbatas dalam tiga hal, yaitu:

  1. Persaingan dapat memberikan efek kemunduran bagi masyarakat. Semenjak persaingan berlangsung, beberapa hal akan goyah dan tetap akan memberikan suasana kecemasan, kekhawatiran dan rasa tidak aman.
  2. Persaingan, rupa-rupanya hanya dapat membangkitkan semangat pada beberapa macam kegiatan atau aktivitas.
  3. Persaingan mempunyai tendensi atau kecenderungan yang mengarah pada pertikaian atau conflict.

Walaupun persaingan mempunyai tendensi kearah pertikaian, namun dapat pula mendorong untuk suatukeija sama. Di sini, yang dimaksud misalnya, antara beberapa perusahaan melakukan persaingan dengan satu perusahaan tertentu. Mungkin beberapa perusahaan itu akan melakukan keija sama untuk me-nyingkirkan satu perusahaan tertentu itu. Hal ini dapat pula terjadi antara seseorang dengan beberapa orang tertentu, karena berbagai sebab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *