pengertian planit adalah
pengertian planit adalah

Berputar penuh pada porosnya.

Mercurius adalah sebuah planit kecil berbatu karang, dan terbakar hangus oleh matahari. Mungkin tidak memiliki atmosfir. Berputar penuh pada porosnya (sebuah garis khayal melalui pusatnya) setiap 59 hari. Pada sisi yang menghadap matahari, suhu panasnya demikian tinggi sehingga timah akan meleleh. Sisi sebelah lainnya luar biasa dingin. Mercurius adalah planit yang tercepat di dalam tata-surya. Mengelilingi matahari dalam 88 hari dengan kecepatan lebih dari 170.000 kilometer sejam. Pengertian planit adalah.

Penyelidikan ruang angkasa.

Venus, selain daripada bulan, adalah benda langit yang paling terang di malam hari. Bila terbit segera setelah senja, disebut “bintang malam”. Bila terbit sebelum fajar, disebut “bintang kejora”. Permukaan Venus selalu tertutup awan tebal. Atmosfimya keba­nyakan karbon-dioksida. Tekanan atmosfimya, 90 kali lebih besar daripada atmosfir bumi. Permukaan­nya sangat panas, kira-kira 475 derajat Celsius. Venus berputar penuh pada porosnya setiap 243 hari. Pu­tarannya berlawanan jurusan dengan bumi.

Pengertian planit adalah.

Mars ialah sebuah planit kering dan dingin ber atmosfir tipis yang mengandung karbon-dioksida. Juga memiliki kutub yang diliputi salju beku dan es. Di katulistiwa suhu Mars bergantian kira-kira 25 derajat Celsius pada siang hari sampai di bawah 40 derajat pada malam hari. Penyelidikan ruang angkasa telah menerangkan bahwa di Mars seperti di bulan terdapat ribuan kawah, jurang curam, gunung api dan jalur sungai kering. Pesawat pendarat Viking I (17 Juli 1976) dan Viking II (3 September 1976) telah ber­hasil mengambil bahan-bahan penyelidikan dari planit ini. Kedua bulannya yang kecil, Phobos dan Deimos, mungkin asteroida yang tertangkap oleh gravitasi Mars.Bintang malam.

Yupiter mempunyai 12 bulan.

Yupiter, raksasa keluarga matahari, garis tengahnya 10 kali lebih besar daripada garis tengah bumi. Planit ini berputar sangat cepat — sekali setiap 10 jam — sehingga atmosfirnya membentuk lingkaran yang berwarna jingga, biru dan merah muda. Bintik Merah pada Yupiter yang terkenal itu, merupakan kelompok yang demikian besar, sehingga bumi dapat masuk di dalamnya. Mungkin bintik merah itu disebabkan oleh gas helium dan gas lain yang keluar dari dalam planit dan menyebar di atmosfir. Yupiter mempunyai 12 bulan. Dua di antaranya — Ganymede dan Callisto, lebih besar daripada bulan kita.

Planit yang berlingkaran. ( Pengertian planit adalah)

Saturnus adalah planit yang berlingkaran. Mungkin. terjadi dari bahan yang sama dengan Yupiter Ling­karan yang bersusun tiga itu mungkin terdiri atas bu­tir karang dan es. Mungkin itu sisa sebuah atau ba­nyak bulan yang telah hancur berkeping-keping karena gravitasi Saturnus yang luar biasa besarnya. Saturnus memiliki 10 bulan, yang kesepuluh Janus, bare ditemukan pada tahun 1966.

Uranus membutuhkan waktu lebih dari 84 tahun untuk mengelilingi matahari. Atmosfirnya kebanyak­an terdiri atas kristal es. Anehnya, poros planit ini berdiri lebih dari tegak lurus pada matahari. Kelima bulannya berputar mengelilingi katulistiwanya. Dili-hat melalui Iel6kop Uranus tampak agak kehijauan. Neptunus, yang hampir sebesar Uranus, jaraknya Bari matahari hampir separuh jarak Uranus, tampak­nya kebiru-biruan dan memiliki dua buah bulan yaitu Triton dan Nereid. Suhunya di seluruh atmosfir­nya sangat rendah, mungkin di bawah titik beku.

Pluto adalah planit yang berputar sendirian di Ujung tata-surya. Membutuhkan waktu 248 tahun untuk sekali mengelilingi matahari. Orbitnya berbeda dari­pada planit lainnya. Kadangkala Pluto lebih dekat matahari daripada Neptunus. Mungkin is dahulu sebuah bulan dari Neptunus.

Beberapa ahli falak berpendapat bahwa ada sebuah planit besar lainnya yang mengelilingi matahari, jauh dari Pluto.

Filed under : Bikers Pintar,