Advertisement

Sebagaimana keutamaan perlu ada dalam republik, dan kehormatan diperlukan dalam monarki, ketakutan perlu ada dalam pemerintahan sewenang-wenang: mengenai ke-utamaan, di situ tidak ada tempat untuknya; dan kehor-matan dianggap sangat berbahaya.
Di sini kekuasaan begitu besar yang dimiliki sang penguasa seluruhnya dilimpahkan kepada orang-orang yang dipercayainya untuk menyelenggarakan pemerintahan. Orang-orang yang mampu memutuskan nilai bagi dirinya dianggap bisa menciptakan kekacauan. Oleh karena itu, semangat dan ambisi mereka yang paling kecil pun harus ditindas dengan kekuatan.
Kalau mau, pemerintahan yang moderat dapat mengen-durkan pernya tanpa bahaya sekecil apa pun. Pemerintahan ini menopang dirinya dengan hukum dan dengan kekuatannya sendiri. Tetapi jika seorang penguasa lalim berhenti sejenak saja mengangkat tangannya, yaitu bila ia tidak dapat seketika itu juga melepaskan orang-orang yang telah ia percayai untuk memegang jabatan-jabatan utama, maka semuanya berakhir: karena bila ketakutan—yang merupakan sumber pemerintahan ini—tidak lagi terus berlangsung, rakyat akan kehilangan pelindung.
Mungkin dalam arti inilah, Cadis menyatakan bahwa Tuan Besar tidak harus memegang janji atau sumpahnya, jika dengan berbuat demikian, ia membatasi wewenangnya.

Advertisement
Advertisement