PENGERTIAN PRINSIP UMUM MANAJEMEN PEMERINTAHAN ADALAH

47 views

PENGERTIAN PRINSIP UMUM MANAJEMEN PEMERINTAHAN ADALAH – proses manajemen yang dilakukan dalam lingkup organisasi pemerintahan. Manajemen pemerintahan adalah proses pencapaian tujuan pemerintah yang dilakukan oleh aparatur pemerintah, aparatur negara, dan masyarakat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manajemen pemerintahan adalah proses pemanfaatan kemampuan seseorang untuk mengendalikan jalannya pemerintahan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Proses pengendalian tersebut diharapkan sesuai pula dengan prinsip umum man ajemen pemerintahan.

Adapun prinsip umum manajemen pemerintahan dalam luas dapat dikelompokkan menjadi 8 prinsip:

1. Pembagian kerja.

Manajemen pemerintahan menganut prinsip pembagian kerja, baik berstatus lembaga tertinggi maupun lembaga tinggi negara, sampai pada tingkat unit kerja yang ada di bawahnya.

2. Kewenangan dan tanggung jawab.

Secara resmi seseorang yang menduduki suatu jabatan pada unit kerja tertentu harus diberi wewenang dan tanggung jawab agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan.

3. Mekanisme kerja yang jelas.

Dengan mekanisme kerja yang jelas ini diharapkan tercipta kesatuan perintah, dan kesatuan arah, di mana kepentingan pribadi maupun kepentingan kedinasan harus dibedakan dengan jelas, sehingga tidak campur aduk/tumpang tindih.

4. Penghargaan pada setiap anggota.

Penghargaan ini dilakukan dalam bentuk status kedudukan maupun uang untuk kesejahteraan anggota.

5. Etos kerja yang tinggi.

Ini mencakup kedisiplinan, ketertiban, dan kerja keras yang didasari dengan moralitas yang tinggi, kejujuran dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa.

6. Penyesuaian.

Yang dimaksudkan adalah penyesuaian terhadap lingkungan sosial dan lingkungan fisik.

7 Budaya kejuangan.

Maksudnya adalah budaya kerja yang dilandasi dengan nilai kejuangan yang tinggi.

8. Antisipatif

Maksudnya adalah memperhitungkan masa yang akan datang dengan strategi program jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, agar lebih baik daripada masa sekarang.

Dalam negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, prinsip umum manajemen pemerintahan merupakan landasan program di berbagai bidang yang perlu diperhatikan. Berdasarkan uraian prinsip umum manajemen pemerintahan dalam kehidupan negara dan masyarakat, dapat dinyatakan bahwa fungsi dan peranan kepemimpinan pemerintahan adalah sebagai pengatur dan pemberi pelayanan kepada masyarakat.

Manajemen pemerintahan merupakan pengetahuan yang didasarkan pada prinsip, dalil, rumus dan teori yang merupakan seni mengendalikan/memimpin dengan diadaptasikan kepada situasi dan kondisi. Adaptasi ini perlu diperhatikan, karena proses manajemen adalah proses pengaturan manusia dalam kehidupannya, di mana sikap, tingkah laku, dan pikirannya akan sangat dipengaruhi oleh keadaan atau situasi lingkungan. Kerena itu, manajemen pemerintahan merupakan ilmu pengetahuan yang berseni dan ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *