Advertisement

Merupakan sebuah pura paibon atau pura Kerajaan Mengwi yang memiliki panorama alam indah. Pura ini terletak di desa Meng-wi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Menjelang tahun 1634, didirikan sebuah tempat persembahyangan yang berstatus paibon untuk menghormati leluhur I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan, pendiri dan raja pertama Kerajaan Mengwi, di sebelah utara desa Mengwi yang diberi nama Taman Ganter. Dengan semakin berkembangnya Kerajaan Mengwi, terutama sejak ditaklukkannya Blambangan (Jawa Timur), I Gusti Agung Putu memperluas pula tempat pemujaan tersebut dengan memindahkannya dari Taman Ganter ke Taman Ayun yang sekarang masih bertahan.

Advertisement

Pura Taman Ayun dikelilingi kolam air yang tenang dengan susunan bangunan yang berlapis-lapis. Pura ini memiliki tiga pintu gerbang dengan ragam hias dan gaya arsitektur khas Hindu Bali. Di halaman depan terdapat lapangan hijau yang luas, dan sebuah air mancur yang ditata indah. Bangunan pemujaan berada di halaman ketiga, disusun berderet dan beragam bentuknya.

Pura yang indah dan megah ini ramai dikunjungi wisatawan dan kesemarakannya mencapai puncaknya pada saat dilakukan upacara Piodalan yang dilakukan penduduk di sekitarnya dalam suatu prosesi panjang. Wanitanya menjunjung sesaji bertumpuk-tumpuk tinggi yang sangat indah.

Incoming search terms:

  • makna taman ayun

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • makna taman ayun