Advertisement

Dalam membahas sumber gelombang elektromag­netik dan antaraksi gelombang elektromagnetik de­ngan materi, teori klasik gelombang elektromagnetik (teori Maxwell) hanya benar-benar berhasil untuk ge­lombang elektromagnetik yang panjang. Untuk yang pendek diperlukan teori lain, yakni teori kuantum. Pada awal abad ke-20 ini, fisikawan Jerman, Max Planck, mengemukakan bahwa energi radiasi elektro­magnetik tidaklah dipancarkan secara sinambung, me­lainkan dalam bentuk paket-paket kecil yang disebut kuantum. Besarnya energi dalam satu kuantum ada­lah E= h.f, dengan/ialah frekuensi dan h tetapan Planck sebesar 6,62 x 10 ~27 erg.detik. Lihat juga Fotolistrik, Efek; Kuantum, Teori

Sifat Ganda Radiasi. Cahaya tampak dan cahaya yang gelombangnya lebih panjang menunjukkan sifat- sifat gelombang yang sinambung, misalnya dalam ge­jala interferens, pola lurik (difraksi), dan polarisasi. Ini benar untuk kondisi eksperimen yang melibatkan banyak kuantum.

Advertisement

Di pihak lain ada gejala yang hanya dapat diterang­kan dengan mengandaikan bahwa cahaya dalam ber­interaksi dengan materi berbentuk kuantum yang di­sebut juga foton. Misalnya dalam efek fotolistrik, sua­tu gejala bahwa cahaya dapat mementalkan elektron dari dalam permukaan logam.

Radiasi elektromagnetik mempunyai sifat dual, artinya dapat bersifat gelombang dan dapat bersifat pancaran partikel (foton), bergantung pada kondisi

eksperimen. Penjelasan teoretis sifat dual yang me­muaskan baru diperoleh setelah orang mengembang­kan Mekanika Kuantum.

Di samping radiasi elektromagnetik orang menge­nal sinar katode yang sebenarnya adalah pancaran elektron. Radioaktivitas bahan memberikan tiga ma­cam sinar (alfa, beta, dan gama). Sinar alfa ternyata adalah pancaran partikel alfa (inti Helium-4), dan si­nar beta adalah pancaran elektron. Di samping itu orang masih mengenal pancaran neutron, positron, dan sinar kosmik, yang semuanya adalah pancaran partikel elementer.

Incoming search terms:

  • pengertian teori kuantum
  • sinar alfa sebenarnya merupakan pancaran
  • sinar alfa sebenernya merupakan pancaran

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian teori kuantum
  • sinar alfa sebenarnya merupakan pancaran
  • sinar alfa sebenernya merupakan pancaran