PENGERTIAN RENTANG/EKSTEN/LUAS

47 views

RENTANG/EKSTEN/LUAS

Inggris: extent, dari bahasa Latin extendere — dari ex (ke luar) tendere (condong).

Beberapa Pengertian

1. Salah satu ciri pokok dari ruang. Dalam konsep rentang terdapat stabilitas dan konstansi relatif tipe khusus hubungan antara objek dan fenomen. Justru stabilitas relatif inilah memungkinkan untuk membandingkan dimensi-dimensi benda.

2. Untuk memahami rentang, dibutuhkan suatu wujud, suatu benda. Tanpa benda ini rentang menjadi suatu yang abstrak semata-mata. Dalam matematika, setelah ditemukannya geometri-geometri non-Euclidian, barulah ditarik pembedaan yang tegas antara sifat geometris ruang seperti luas, bentuk dan sifat-sifat Fisiknya. Dengan mendeFinisikan ruang sebagai bentuk eksistensi materi, materialisme dialektis pada saat yang sama mengakui bahwa ciri-ciri benda khususnya luasnya, tergantung pada sifat-sifat materi yang sedang bergerak.

Pandangan Beberapa Filsuf

1. Materialisme metafisik, dengan memisahkan ruang dari materi yang bergerak, menganggap stabilitas itu sebagai luas murni.

2. Atomisme kuno: ruang hanya memiliki luas.

3. Filsafat abad ke-17 dan ke-18, khusus pada Descartes: ruang dilihat sebagai keluasan murni.

4. Leibniz, sambil mengritik pandangan Descartes mengatakan: dari rentang orang hanya dapat menyimpulkan ciri-ciri geometris dari ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *