Advertisement

Suatu revolusi yang bertujuan fliemulihkan kembali kekuasaan keluarga Kaisar Tenno, setelah sekitar 200 tahun kekuasaan dipegang oleh Sh’ogun Tokugawa (1638-1854). Sejak tahun 1638 Jepang di bawah kekuasaan Tokugawa menjalankan politik isolasi. Sejak itu semua saudagar asing Eropa, seperti orang Portugis dan Spanyol, dilarang dan diusir dari Jepang. Hanya saudagar-saudagar Belanda (VOC) yang masih mendapat izin untuk berdagang, tetapi ini pun sangat terbatas di sekitar Kepulauan pecima saja. Pedagang Belanda diperbolehkan berdacang di Jepang karena mereka tidak begitu berniat menyebarkan agama Kristen. Hubungan perdagangan dengan Cina juga sangat dibatasi, yakni hanya boleh dilakukan oleh orang-orang Cina yang telah mendapat izin dari pemerintah Tokugawa. Pedagang Cina diawasi dengan ketat untuk mencegah diselundupkannya kitab Injil yang telah diterjemahkan ke dalam tulisan Kanji (Cina) ke Jepang.

Agama Kristen tidak mengenal pendewaan terhadap kaisar, karena itu agama ini dianggap dapat menggoyahkan kedudukan kaisar, sedangkan kaisar menurut agama Shinto harus disembah, dipuja, dan didewakan. Itulah sebabnya dikeluarkan larangan keras atas penyebaran agama Kristen dan pengusiran terhadap para missionaris dari Jepang. Pada tahun 1637-1638 terjadi aksi penindasan terhadap kaum Kristen di Jepang, sehingga terjadi huru-hara pemberontakan. Peristiwa pemberontakan yang membawa banyak korban telah mendorong pemerintah Tokugawa untuk mengambil tindakan sangat radikal, yakni melarang orang Jepang pergi keluar negeri, dan sejak 1638 Jepang menutup seluruh negaranya terhadap hubungan dan pengaruh dari Eropa dan dunia Barat.

Advertisement

Pada tahun 1848 Amerika Serikat meluaskan kekuasaannya dengan membentuk koloni-koloni baru dipantai Lautan Pasifik, seperti Oregon, Kalifornia, dsb. Pihak Amerika Serikat sangat berkepentingan untuk membuka perhubungan dengan Jepang. Bagi Amerika Serikat, pelabuhan-pelabuhan alam yang banyak terdapat di Kepulauan Jepang sangat baik untuk disinggahi. Melalui pelabuhan-pelabuhan itu Amerika Serikat dapat mengisi air tawar untuk persediaan dalam perjalanan mereka ke Cina.

Negara-negara Barat berulang-ulang membujuk Jepang membuk” pintu isolasinya, tetapi sia-sia. Pada tahun 1853 Amerika Serikat mcngirim lebih kurang seperempat armada lautnya, di bawah pimpinan Komodor M.C. Perry, untuk memaksa Jepang meng’zinkan kapal-kapal Amerika Serikat memasuki pelabuhan-pelabuhan Jepang. Pemerintah Tokugawa tidak berdaya menghadapi armada Amerika Serikat ini. Pemerintah Tokugawa akhirnya menanda-tangani ^rjanjian Shimoda (1854), yang memaksa Jepang “^mbuka pelabuhan Shi noda dan Hokodate untuk perdagangan dengan Amerika Serikat.

Dengan Perjanjian Shimoda ini, berakhirlah politik isolasi Jepang. Peristiwa penandatanganan Perjanjian Shimoda menimbulkan akibat luas, di antaranya timbulnya kecaman dan tuntutan dihapuskannya pemerintahan Shogunat Tokugawa yang dianggap sangat lemah. Banyak gubernur militer (daimyo) tidak menyukai gaya pemerintahan Shogunat Tokugawa, terutama dari keluarga Chosu dan Satsuma. Gerakan menentang pemerintahan Tokugawa juga didukung oleh kalangan ningrat istana (chonin) yang menghendaki kemajuan dalam perdagangan. Gerakan menentang Tokugawa ini menghendaki agar kekuasaan pemerintah yang dipegang oleh Shogunat Tokugawa dikembalikan kembali kepada Tenno. Pemerintahan Tokugawa telah melanggar Shintoisme yang secara mutlak setia dan memuja kaisar Jepang sebagai penguasa tunggal di Jepang. Hal ini berarti sistem pemerintahan harus dikendalikan oleh keluarga Kaisar Tenno sehingga Kaisar Tenno tidak sekadar dipuja sebagai dewa.

Pada tahun 1867 Pangeran Mutsuhito dinobatkan sebagai kaisar Jepang dan bergelar Meiji Tenno (1867-1912). Sesuai dengan sifat restorasi, pada tahun 1868 kekuasaan negara sepenuhnya di tangan Tenno dan kaisar sebagai pusat segenap kehidupan pemerintahan dan masyarakat bangsa Jepang. Kaisar Meiji yang berkuasa dari tahun 1867 sampai 1912 merupakan motor penggerak pembaharuan negara Jepang yang berhasil dengan sangat menakjubkan.

Untuk melaksanakan pembaharuan-pembaharuan pemerintahan Meiji memerlukan pengetahuan teknik Barat. Para mahasiswa Jepang dikirim ke luar negeri untuk memperoleh keahlian dalam bidang teknik; ahli-ahli Barat banyak didatangkan ke Jepang dengan gaji besar. Dalam melancarkan pembaharuan, Jepang lebih teliti dan selektif; teknologi yang diserap disesuaikan dengan kondisi atau keperluan bangsa Jepang. Untuk menyamai negara-negara Barat, Jepang juga melaksanakan pembaharuan di bidang militer dan ekonomi. Itulah sebabnya pemerintah dengan giat meletakkan dasar-dasar untuk pembangunan perindustrian modern. Usaha industrialisasi di Jepang berkembang pesat. Sementara itu pemerintah dimodernisasi dengan mengambil model Barat abad ke-19. Kementerian-kementerian dibentuk, misalnya: kementerian keuangan, yang menjadi kementerian yang paling potensial karena mengendalikan anggaran belanja pemerintahan; kementerian angkatan darat dan kementerian angkatan laut, yang dalam tahun 1878 disertai oleh staf umum masing-masing menurut model Jerman; dan kementerian pendidikan umum. Sistem peradilan dan hukum yang modern didasarkan atas model Perancis dan Jerman. Bersamaan dengan usaha-usaha yang dilakukan untuk memodernisasi bidang ekonomi, Jepang menciptakan sistem perbankan. Di samping itu, jaringan telegraf dan jalan kereta api mulai dibangun. Dalam waktu sekitar 10 tahun setelah restorasi, proses pembaharuan di Jepang telah berjalan dengan sangat cepat. Dampak lebih lanjut dari Restorasi Meiji adalah munculnya Jepang sebagai negara imperialis pada Perang Dunia II. Politik ekspansi Jepang pernah membawa kesengsaraan bagi negara-negara tetangganya, baik di Pasifik maupun di Asia sebelah timur.

Incoming search terms:

  • pengertian restorasi meiji
  • Restorasi meiji
  • restorasi meiji adalah
  • apa yang dimaksud restorasi meiji
  • arti restorasi meiji
  • apa yang dimaksud dengan restorasi meiji
  • apa itu restorasi meiji
  • arti kata meiji
  • pengertian kaisar meiji
  • Pengertian restorasi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian restorasi meiji
  • Restorasi meiji
  • restorasi meiji adalah
  • apa yang dimaksud restorasi meiji
  • arti restorasi meiji
  • apa yang dimaksud dengan restorasi meiji
  • apa itu restorasi meiji
  • arti kata meiji
  • pengertian kaisar meiji
  • Pengertian restorasi