PENGERTIAN REVOLUSI ILMU PENGETAHUAN DI EROPA BARAT ADALAH

102 views

PENGERTIAN REVOLUSI ILMU PENGETAHUAN DI EROPA BARAT ADALAH – Dengan munculnya kapitalisme modern maka mulailah suatu terobosan baru yang besar dalam kegiatan ilmu pengetahuan. Terobosan ini, yang terjadi dalam abad xvi dan xvii di Italia dan berbagai bagian Eropa Barat, telah disebut sebagai Revolusi Ilmu Pengetahuan (Scientific Revolution).

Revolusi Ilmu Pengetahuan ini pada dasarnya dimulai dengan serangan Copernicus atas pandangan Aristotle Iama mengenai semesta yang statis dan berpusat pada burni, yakni pandangan ortodoks yang.dianut sepanjang Abad Pertengahan. Copernicus telah lancang berpegang teguh pada suatu konsepsi alam semesta yang heliosentrik, atau yang berpusat pada matahari. Ide ini merupakansuatu inspirasi yang besar bagi para ilmuwan di kemudian hari, yang berusaha untuk mendemonstrasikannya dan memperbaikinya. Orang pertama yang berbuat demikian ialah Tycho Brahe, yang telah mengumpulkan banyak observasi terhadap posisi bintang-bintang dan planet-planet. Hasil Tycho membawa kemajuan ilmu pengetahuan lebih lanjut ketika hasil-hasil itu diambil dan dikerjakan lebih lanjut oleh asistennya, yakni Johannes Kepler. Kepler terutama menaruh perhatian terhadap penyusunan suatu representasi mengenai gerakan-gerakan planet. Ia berhasil memperlihatkEm bahwa gerakan Mars adalah eliptik bukan sirkuler: Atas dasar ini ia lalu merumuskan suatu hukum gerakan planet, yang kemudian menambahkan dua hukum lainnya.

Pencapaian yang lebih besar lagi telah dilakukan oleh Galileo. Galileo sangat beruntung karena ia memiliki teleskop yang baru saja ditemukan yang tersedia sebagai alat untuk melakukan observasi astronomi. Ia segera mengarahkan teleskopnya ke langit dan apa yang dilihatnya mempunyai implikasi revolusioner. Seperti yang dicatat oleh Berhal (1971:427),”Dalam beberapa malam saja observasi ke langit ia cukup mampu menghancurkan keseluruhan gambaran Aristotle mengenai elemen yang tenang itu”.

Jelas bahwa kontribusi yang terbesar clari Revolusi Ilmu Pengetahuan ialah yang dilakukan oleh Isaac Newton, yang ide-ide terkemukanya ialah untuk memberi pemikiran standar dalam fisika dan astronomi kepada dua abad berikutnya. la menemukan kalkulus terkecil dan menemukan hukurn gravitasi kuadrat terbalik. Karyanya yang besar, De Philosophiae Naturalis principia Mathematica, yang dipublikasikan dalam tahun 1686, sampai dewasa irli tetap merupakan salah satu dari karya-karya terbesar dalam seluruh sejarah ilmu pengetahuan. Principia itu merupakan suatu penayangan dan demonstrasi matematika dari teori gravitasi Newton itu.

Pada akhir abad xvii Revolusi Ilmu Pengetahuan selesai dan ilmu pengetahuan menjadi ciri masyarakat Eropa Barat yang dilembagakan, sekurang-kurarignya di Inggris dan Perancis. Tetapi kemajuan ilmu pengetahuan nyaris tidak berjalan, karena langkah-langkah besar baru terjadi pada abad xix dan xx. Barangkali pencapaian terbesar abad xix ialah teori Darwin tentang evolusi dengan seleksi alam. Konstribusi abad xx yang terkemuka barangkali ialah teori Einstein tentang relativitas, yangbanyak menyingkirkan New tonianisme dan fisika dan astronomi yang direvolusionerkan. Banyak ide Einstein yang masih menjadi dasar bagi karya di dalam dua bidang itu.

Ilmu-ilmu sosial berawal dalam akhir abad xviii dan awal abad xix. Meskipun ilmu-ilmu itu belum mencapai tingkat kematangan ilmu alamiah, tetapi telah mencapai kemajuan intelektual yang besar. Tidak diragukan bahwa kita mengenal lebih banyak mengenai bekerjanya masyarakat dewasa ini bila dibandingkan dengan 200 tahun lampau. Apakah yang bertanggung jawab atas pertumbuhan yang besar dalam ilmu pengetahuan ini dan atas Revolusi Ilmu Pengetahuan bagi kesuburan ilmu pengetahuan di Yunani kuno? Singkatnya, kondisi-kondisi yang bagaimanakah yang mendorong perkembangan ihnu pengetahuan sehingga tumbuh subur dalam suatu masyarakat tertentu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *