Advertisement

PENGERTIAN SAMUDERA PASIFIK – Adalah samudera yang terbesar dan terdalam di dunia. Samudera ini membentang dari daerah Antartika di Kutub Selatan hingga ke daerah Arktika di Kutub Utara. Luasnya sepertiga bumi, sehingga bila semua benua dimasukkan ke dalamnya, masih terdapat sisa ruangan seukuran Benua Asia.

Di peta, samudera ini tampak berbatasan dengan Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan di timur, dan dengan Asia dan Australia di barat. Luasnya 166 juta kilometer persegi. Kedalaman rata-rata 4.280 meter. Bagian terdalam adalah Palung Mariana di Kepulauan Pasifik Barat (11.033 meter).

Advertisement

Di dasar samudera ini, seperti di Celah Timor, terdapat cadangan minyak bumi dalam jumlah besar. Di bagian yang lebih dalam terdapat lapisan karang yang mengandung kobalt, tembaga, mangan, dan nikel.

Jawa, Laut Banda, Laut Halmahera, Laut Maluku Laut Sulawesi, Laut Cina Selatan, Laut Jepang, daii Laut Bering. Hal ini dimungkinkan karena wilayah Pasifik Barat terdiri atas ribuan pulau (Indonesia 13.000, Filipina 7.000) sehingga di antara pulau-pulau itu terbentuklah laut agak terpisah dari badan samudera.

Salah satu ciri oseanografis yang penting ialah bahwa sungai-sungai besar di Asia timur, termasuk Sungai Amur, Hoang Ho, Yangtze Kiang, Hsi Chiang, dan Mekong, bermuara secara tidak langsung di samudera ini tetapi terlebih dahulu masuk ke laut-laut kecil di sekitarnya.

Arus dan Gelombang. Arah aliran arus yang utama di Pasifik bagian utara khatulistiwa mengikuti arah jarum jam, sedangkan di selatan khatulistiwa berlawanan dengan arah jarum jam. Semua arus ini amat mempengaruhi iklim di daerah pantai Pasifik. Arus utama di utara hemisfer mengalir melalui Kepulauan Filipina ke utara menuju Jepang dan membentuk Arus Panas Kuroshio. Di bagian timur Jepang, arus ini melintasi Selat Tsushima dan membentuk Arus Tsushima.

Di selatan Semenanjung Kamchatka, mengalir Arus Kamchatka yang percabangannya membentuk Arus Dingin Oyashio. Arus ini mengalir ke arah timur Pulau Honshu dan bertemu dengan Arus Panas Kuroshio pada garis lintang 36°. Di bagian timur belahan bumi utara, mengalir Arus Kalifornia yang membentuk sejumlah percabangan dalam sistem sirkulasi arus air di Pasifik Utara.

Di belahan bumi selatan , terdapat arus utama, yaitu Arus Ekuatorial Selatan. Arus ini berawal dari bagian barat samudera menuju ke Kepulauan Solomon. Dari sini, arus tersebut berbelok ke selatan dan membentuk Arus Australia Timur dan dalam perjalanannya ke selatan mencapai pantai selatan Benua Amerika Selatan pada garis lintang 45°. Di sini terbentuk sebuah cabang, yaitu- Arus Peru, yang mempengaruhi iklim seluruh pantai barat Benua Amerika Selatan.

Perbedaan pasang naik dan pasang surut di daerah pinggiran Pasifik umumnya besar. Di lepas pantai Korea, misalnya, perbedaan pasang naik dan pasang surut 4,6 hingga 9 meter. Sebaliknya di bagian tengah samudera, perbedaan itu relatif kecil, hanya sekitar 30 sentimeter.

Apabila pada dasar samudera terjadi gempa bumi atau aiiah longsor, akan muncul gelombang yang disebut isiinar,  Gelombang ini dapat merambat sejauh j6 000 Kilometer. Di tengah samudera gelombang ini anjang dan rendah, tetapi ketika mendekati pantai penjadi tinggi dan besar hingga 30 meter. Penduduk pantai Pulau Honshu beberapa kali binasa karena gelombang tsunami.

Samudera ini menyumbang 49 persen tangkapan ikan tahunan atau sebesar 35.257.000 metrik ton. Se- oaro dari tangkapan ini berasal dari Pasifik Utara sekitar Cina, Jepang, dan Uni Soviet.

Sabuk Angin dan Badai. Di samudera ini terdapat sejumlah sabuk angin. Arah tiupan angin bersifat tetap di sekitar khatulistiwa. Panas menyebabkan udara memuai, naik ke atas lalu turun kembali di sekitar kutub. Udara yang naik karena panas akan diganti dengan udara dingin dari tempat yang lebih tinggi, pergeseran angin inilah yang melahirkan sabuk angin. Selain itu sabuk angin juga disebabkan oleh rotasi bumi.

Di bagian utara dan selatan khatulistiwa masing- masing antara garis lintang 30 dan 60° terdapat sabuk angin yang bertiup ke arah barat. Angin di Pasifik Utara membantu pelaut untuk berlayar dari Asia ke Amerika Utara.

Selain sabuk angin yang bersifat tetap di samudera ini sering kali muncul badai tropis atau subtropis. Badai tropis ini kadang-kadang membentuk badai siklon, yang di Timur Jauh disebut taifun. Kecepatannya dapat mencapai lebih dari 120 kilometer per jam dan di pusatnya lebih dari 240 kilometer. Angin ini menyapu Laut Cina Selatan bulan dari Mei hingga November, Amerika dan Meksiko dari Agustus hingga Oktober, dan Pasifik Utara dari Januari hingga Maret

Sejarah dan Penelitian. Tahun 1946, Thor Heyerdahl, antropolog Norwegia, mengemukakan teori bahwa manusia primitif telah berlayar di lautan ini dengan rakit. Juga menurutnya, penduduk Polinesia adalah orang Indian Peru yang berlayar ke Polinesia dengan menggunakan rakit sekitar tahun 3000 SM. Untuk membuktikan teorinya ia berlayar dengan rakit dari Peru dan melintasi Pasifik sejauh 6.900 kilometer dalam tempo 101 hari. Semula orang meragukan teorinya namun tahun 1961, ditemukan artefak di Ekuador yang sama seperti di Jepang. Artefak ini sungguh-sungguh memperlihatkan kesamaan budaya kedua tempat. Ini berarti bahwa sejak jaman prasejarah manusia telah mampu berlayar sejauh 12.900 kilometer.

Pelaut-pelaut terkenal yang melayari samudera ini antara lain ialah Magellan, Tasman, Drake, Darwin, Bering, Cook, dan Vancouver. Di akhir abad ke-19 muncul kapal-kapal peneliti ilmiah seperti H.M.S. Challenger, Tuscarora, Planet, dan Discovery yang memberi tambahan masukan tentang Pasifik.

Incoming search terms:

  • pengertian pasifik
  • Pengertian samudra pasifik
  • Samudra pasifik
  • samudera pasifik
  • pasifik adalah
  • arti pasifik
  • peta samudra pasifik
  • rangkaian kepulauan di samudra pasifik bagian tengah
  • tentang samudra pasisik
  • Rangkaian kpulauan di samudra pasifik bagian tengah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian pasifik
  • Pengertian samudra pasifik
  • Samudra pasifik
  • samudera pasifik
  • pasifik adalah
  • arti pasifik
  • peta samudra pasifik
  • rangkaian kepulauan di samudra pasifik bagian tengah
  • tentang samudra pasisik
  • Rangkaian kpulauan di samudra pasifik bagian tengah