PENGERTIAN SENAPAN ELEKTRON

54 views

Adalah bagian tabung si­nar katode yang berfungsi untuk menghasilkan, mem­percepat, memfokuskan, dan membelokkan sorotan elektron.

Senapan elektron terdiri atas beberapa bagian. Di dalamnya, katode berfungsi memancarkan elektron pada suhu yang sangat tinggi. Pancaran elektron itu kemudian diubah-ubah intensitasnya oleh trode kendali, dengan menggunakan variasi besarnya tegangan- Di depan elektrode kendali terdapat lensa elektron yang berfungsi memfokuskan elektron yang dipercepat ke suatu titik. Dalam sebuah televisi misalnya, sebuah lempeng pembelok menggerak- gerakkan berkas elektron untuk menyusuri seluruh layar. Dalam senapan elektron, noda yang ditimbul­kan oleh berkas pada layar pendar adalah bayangan dari persilangan, yakni bagian tersempit berkas itu.

Senapan elektron merupakan bagian utama peranti elektronika tertentu yang memakai tabung sinar ka­tode, termasuk televisi, osiloskop, mikroskop elek­tro-:. dan mesin sinar-X. Dalam tabung televisi,  elektron menghasilkan sorotan elektron setajam ujung pensil. Makin cepat pancaran elektronnya, ma­kin terang gambar pada layar. Dalam televisi, untuk tiap gambar, senapan elektron memancarkan beberapa ratus garis. Tiap garis ditulisnya dalam waktu satu per enam puluh juta detik.

Incoming search terms:

  • senapan elektron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *