Advertisement

Adalah gerakan persatuan kaum buruh di Polandia dengan jumlah anggota sekitar 10 juta orang (1989). Dalam praktiknya, serikat itu berusaha menggantikan kedudukan PZPR (Partai Buruh Bersatu Polandia) yang berkuasa.

Pada tahun 1980 serikat ini mengadakan gerakan pemogokan di kota Gdansk, pusat industri perkapalan di Polandia Utara, diikuti sekitar 17.000 orang. Dalam kesempatan itu kaum buruh mengajukan 21 tuntutan yang semuanya menyangkut perbaikan di bidang perburuhan. Meskipun pemerintah Polandia berusaha menggairahkan iklim demokrasi di dalam negeri dan mengadakan pembaharuan paham sosialis dengan maksud meredam kegiatan Solidaritas, pertentangan antara PZPR dan Solidaritas tak terhindarkan. Ketika konflik antara partai yang berkuasa dan Solidaritas memuncak (1981), penguasa Polandia, Stanislaw Kania, digantikan Jenderal Wojcieh Jaruzelski.

Advertisement

Pada tahun 1989 gerakan serikat buruh ini mencapai hasil. Perjuangan mereka membuahkan pemerintahan nonkomunis pertama di Polandia sejak Perang Dunia II lewat kemenangan dalam pemilu bulan Juni 1989. Dalam pemilu itu Solidaritas berkoalisi dengan beberapa partai lain.

Advertisement