Advertisement

Dalam mitologi Yunani, adalah seekor makhluk raksasa bersayap, berbadan singa, dan berkepala serta berdada manusia (perempuan). Menurut mitologi ini, Sfinks tinggal di puncak batu karang, di dekat Thebes, Yunani, dan memakan manusia yang tidak dapat menjawab teka-teki yang dilontarkannya, yakni: apakah nama makhluk yang berkaki empat pada pagi hari, berkaki dua pada siang hari, dan berkaki tiga pada malam hari? Ketika Oedipus lewat, dan teka-teki itu dilontarkan lagi, Oedipus menjawab: “Makhluk itu adalah manusia, karena ia merangkak ketika masih kecil, berjalan tegak ketika mulai dewasa, dan memakai tongkat ketika sudah tua.” Mendengar jawaban ini Sfinks menghempaskan dirinya dari atas batu karang dan tewas. Karena jasanya membinasakan Sfinks, sejak saat itu Oedipus diangkat menjadi raja.

Sfink;, juga berarti patung singa dalam posisi berbaring yang bagian atas tubuhnya serupa manusia. Sfinks yang terkenal adalah Sfinks Besar di Giza yang diperkirakan dibuat pada abad ke-26 sebelum Masehi. Sfinks Besar terletak di dekat piramid Khufu. Kepala dan badannya terbuat dari batu alam dengan kaki-kaki dari pasangan batu. Tinggi patung ini kira-kira 21 meter, dan panjangnya kira-kira 74 meter. Banyak ahli yang meyakini bahwa Sfinks Besar merupakan gambaran Raja Khafre, yakni raja keempat dari dinasti keempat yang membangun piramid besar kedua. Sfinks Besar beberapa kali tertimbun pasir akibat badai; Raja Thutmose IV membuang timbunan pasir ini kira-kira 1.400 tahun sebelum Masehi, konon sebagai pelaksanaan perintah Dewa Horus melalui mimpinya. Pembuangan timbunan pasir ini dilakukan juga pada tahun 1818, 1886, 1926, dan 1938.

Advertisement

Hiasan bergambar Sfinks terdapat juga di berbagai tempat selain Mesir dan Yunani, misalnya di Assiria dan Fenisia, serta Asia Kecil (sekarang: Turki), keba-nyakan dibuat pada keramik atau hiasan logam. Seperti halnya bangsa Mesir, mereka menghias kuburan dan candi-candi dengan patung atau gambar Sfinks yang mungkin dimaksudkan sebagai penunggu tempat suci tersebut.

Incoming search terms:

  • maksud sfinks

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • maksud sfinks