Advertisement

Adalah sinar elektromagnetik yang tak tampak, dengan panjang gelombang yang sangat pendek. Gelombang elektromagnetik lain yang sangat pendek adalah sinar gama. Sinar-X pertama kali ditemukan oleh Wilhelm Konrad Roentgen (1845-1923). Roentgen mengalirkan arus listrik antara dua elektrode yang terletak dalam ujung-ujung tabung kaca yang dihampakan. Ternyata kertas foto yang terletak di dekat tabung ini setelah dicuci tampak berkabut. Bila tabung ini dibungkus dengan kertas hitam dan ditaruh dalam kamar gelap, benda pendar di dekat tabung akan tampak membara.

Sinar-X terjadi karena elektron dalam sebuah atom (di luar inti) membuang kelebihan energinya. Sinar gama berasal dari inti atom yang berlebihan energinya.

Advertisement

Sinar roentgen mempunyai daya tembus yang besar. Misalnya sinar ini menembus daging tetapi agak dihambat oleh tulang, oleh karena itu dapat dimanfaatkan untuk memeriksa tulang dalam tubuh. Setelah menembus tubuh atau bagian tubuh, sinar itu dijatuhkan pada layar pendaran atau film (yang dibungkus dengan kertas hitam). Setelah dicuci film itu memperagakan keadaan tulang atau jaringan yang ditembus oleh berkas sinar roentgen itu. Sinar-X banyak digunakan dalam dunia kedokteran. Sinar-X juga sering digunakan untuk memeriksa struktur kristal. Inti-inti atom yang berjajar dalam kristal membelokkan berkas sinar-X sehingga diperoleh pola difraksi (pola lurik) seperti bila berkas cahaya memasuki kisi-kisi halus. Pola difraksi itu memberikan banyak informasi mengenai struktur kristal.

Incoming search terms:

  • pengertian sinar x

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian sinar x