Advertisement

SINDROM CUSHING
Merupakan sekumpulan gejala yang terdiri atas kegemukan, muka kemerahan dan berjerawat, serta gangguan menstruasi dan bertambahnya bulu tubuh pada penderita wanita. Gejala lain yang sering menyertai adalah gejala penyakit tekanan darah tinggi dan kencing manis, tulang rapuh, dan gangguan psikis.

Penyakit ini jarang terjadi, dan baru dikemukakan untuk pertama kalinya pada tahun 1932 oleh Harvey Cushing, seorang ahli bedah Amerika. Penyebabnya adalah produksi hormon kortikosteroid yang berlebihan. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang berada dekat kedua ginjal. Produksi hormon yang berlebihan dapat disebabkan oleh tumor adrenal, atau kelebihan hormon ACTH, yakni hormon pengendali adrenal. ACTH diproduksi oleh suatu kelenjar di dasar otak, namun kanker paru, kanker pankreas, dan lain-lain, dapat memproduksi ACTH pula. Sindrom ini sering terjadi pada orang yang mendapat pengobatan kortikosteroid jangka panjang, seperti pada penderita asma dan artritis reumatoid.

Advertisement

Penderita penyakit ini umumnya mudah dikenali dari wajahnya yang membulat, sehingga sering dijuluki moon face (wajah bulan). Namun kadang-kadang gejala yang timbul hanya sedikit saja dan tidak nyata. Bila penyakit ini tidak diobati, 50 persen penderita akan meninggal dalam jangka lima tahun. Kalau penyebab sindrom ini berupa tumor jinak kelenjar adrenal, pengobatannya adalah membuang tumor tersebut. Bila tumor itu ganas, biasanya penderita akan meninggal dalam satu atau dua tahun karena penyebaran tumor ganas itu.

Incoming search terms:

  • moonface pengertian
  • pengertian moonface

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • moonface pengertian
  • pengertian moonface