Advertisement

Dari cinemascope, merek dagang suatu proses pembuatan film dengan gambar ter- proyeksi ke layar melengkung agar menghasilkan kesan tiga dimensi. Cakupan gambar yang ditayangkan kira-kira sama dengan cakupan penglihatan mata manusia.

Teknik sinemaskop ditemukan oleh seorang fisikawan Perancis, Henri Chrtien, pada akhir tahun 1920- an. Proses ini meliputi metode distorsi fotografi yang disebut distorsi anamorfik, yakni pemampatan atau pengembangan gambar pada arah berlainan, tegak lurus satu sama lain. Distorsi semacam ini dapat diperoleh dengan berbagai cara; dalam sinemaskop diperoleh dengan menempatkan lensa silindris pada kamera pengambil gambar. Lensa kamera mengambil gambar dua kali lebih lebar daripada lensa biasa, tetapi pemasangan lensa silindris menyebabkan sisi horizontal dimampatkan 50 persen, sedangkan sisi vertikal tidak dimampatkan.

Advertisement

Pada penayangannya, gambar terdistorsi dikoreksi oleh lensa anamorfik dalam proyektor; sisi gambar yang dimampatkan oleh kamera, dikembangkan kembali sehingga mencapai ukuran normal. Seperti film bioskop pada umumnya, sinemaskop dilengkapi juga dengan jalur suara (magnetik ataupun fotografik) stereofonik atau suara mengeliling untuk mempertegas kesan tiga dimensi.

Incoming search terms:

  • apa arti cinemascop

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa arti cinemascop