Advertisement

Kesenian rakyat mengandung mistik yang dapaf dijumpai di Cirebon dan sekitarnya, termasuk Kuningan dan Indramayu. Di dalam seni rakyat ini dapat disaksikan bagaimana seorang anak kecil dalam sekejap bisa berubah menjadi bidadari sintren di dalam kurungan ayam. Selain pelaku utamanya, seni rakyat ini melibatkan sejumlah penyanyi wanita dan pemain waditra.

Para penyanyinya duduk bersimpuh membentuk lingkaran, di belakangnya duduk pemain waditra. Di tengah-tengah lingkaran terdapat kurungan ayam dari bambu yang dibungkus rapat dengan kain serta diberi hiasan berwarna-warni. Pertunjukan diawali dengan nyanyian beberapa lagu pembuka. Tak lama kemudian, seorang gadis kecil masuk ke tengah arena diiringi tetabuhan kentrung, kecrek, gong, dan lagu-lagu sintren. Dengan memakai kebaya serta sarung, mengempit bungkusan, gadis kecil ini melenggak- lenggok di tengah arena.

Advertisement

Kemudian dua di antara beberapa penyanyi mengangkat kurungan dan memasukkan gadis kecil ke dalamnya. Lagu-lagu sintren berlaras diatonik itu terus dinyanyikan. Setelah beberapa lama dan kurungan dibuka, keluarlah bidadari sintren dari dalamnya. Gadis kecil berkebaya kini telah berdandan lengkap memakai kain batik, dengan wajah dihias, dan bunga-bungaan di rambut, mirip seorang penari tradisional.

Sebetulnya agak mustahil berganti pakaian, mengenakan hiasan serumit itu, dan berdandan di dalam kurungan ayam berukuran sekecil itu. Apalagi selama pertunjukan kurungan ayam sama sekali tak bergerak atau bergeser, juga tak tampak adanya aktivitas di dalamnya. Ketika si gadis keluar, pakaian yang dikenakan pada saat masuk kurungan, sudah terbungkus rapi. Dan diiringi lagu lainnya, bidadari sintren itu melanjutkan tariannya.

Incoming search terms:

  • Pengertian sintren
  • pengertian arti sintren

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Pengertian sintren
  • pengertian arti sintren