Advertisement

Suatu kelompok terna yang umumnya tumbuh merambat dan jarang sekali berbentuk perdu. Penyebarannya di seluruh dunia, terutama di daerah lembap dan panas. Kelompok tanaman ini mempunyai berbagai macam kegunaan, antara lain sebagai rempah obat, ataupun tumbuhan penyegar.

Sirih Daun, yang sering disebut sirih, merupakan jenis sirih yang paling dikenal masyarakat luas di Indonesia. Daun atau buahnya sering dipakai sebagai tanaman penyegar untuk makan sirih pinang. Masyarakat pun memanfaatkan daunnya untuk obat penyakit kelamin, sakit gigi, batuk, dan asma. Ibu yang habis melahirkan umumnya meminum air daun sirih untuk memperbanyak keluarnya air susu. Di samping itu, air perasan daunnya juga digunakan untuk obat tetes telinga yang terluka; sedangkan air rebusan daunnya dipakai untuk pencuci tubuh setelah melahirkan dan keputihan. Daun sirih berbau harum, seperti bau kreosot, karena mengandung minyak yang terdiri atas fenol betel dan kavikol yang juga merupakan salah satu ciri kimia tanaman cengkeh. Ada laporan bahwa penyakit maladi pada gajah dapat disembuhkan dengan tumbukan daun sirih; sedangkan remasan dau’ a, yang dioleskan pada dahi gajah betina, dapat berfungsi sebagai pemikat. Dulu, pembuat keris sering menggunakan campuran daun sirih segar dan kapur untuk menghilangkan racun arsen.

Advertisement

Diduga, sirih merupakan tanaman asli Malesia bagian tengah dan timur, yang kemudian tersebar di Asia Tropis hingga Madagaskar dan Afrika Timur. Orang India telah menyeleksi tanaman jantannya, sehingga ada beberapa kelompok tanaman yang tidak pernah menghasilkan buah. Tetapi, hal ini belum pernah terjadi di Indonesia. Pada kenyataannya, penanaman sirih di India lebih maju daripada di daerah asalnya, karena seleksi kultivar, umur tanaman, intensitas penerimaan sinar matahari, posisi daun pada tanaman, dan semua faktor yang menentukan kualitas daun menjadi terbaik untuk dimakan sebagai sirih pinang, telah dilakukan. Dengan pengelolaan sistem penanaman yang intensif diperoleh kualitas yang lebih baik, misalnya, pemetikan daun paling baik dilakukan pada pagi hari, ketika matahari belum terbit, karena intensitas matahari dapat mengurangi aroma daun. Selain intensitas cahaya, kandungan pati dan tanin pada pagi hari lebih sedikit daripada pada sore hari. Bila daun yang sudah dipetik disimpan dalam kamar tertutup dengan menaikkan suhu sedikit, kadar fenol akan naik dan kualitas daun menjadi lebih baik. Beberapa orang percaya bahwa sirih yang mempunyai urat daun bersatu pada bagian basalnya merupakan daun sirih yang terbaik, dan paling enak, serta paling dicari untuk tujuan ilmu hitam. Pada umumnya, suku- suku bangsa di Indonesia selalu mempergunakan sirih dalam upacara tradisional, seperti upacara peminangan, perkawinan, dan kematian.

Sirih secara umum dibedakan dalam dua macam, yaitu sirih daun yang dimanfaatkan daunnya, dan sirih buah yang dimanfaatkan buahnya. Di Indonesia, ada beberapa jenis sirih daun. Sirih jawa merupakan sirih berdaun kecil dan berwarna hijau muda dengan rasa keras dan sengak; jenis ini banyak ditanam di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sirih banda adalah sirih berdaun besar dengan warna daun hijau kehitaman dan banyak ditanam di Pulau Banda, Seram, Timur, dan pulau-pulau di selatan dan timur Ambon. Sirih cengkeh berasa seperti cengkeh, berdaun kecil, dan berwarna kekuningan; tumbuhan kecil ini sering ditanam orang di Ambon. Di Jawa Barat dikenal sirih kuning, yaitu sirih jawa berdaun kekuningan, karena tumbuhnya tidak ternaungi tanaman lain. Sirih hitam tumbuh liar di hutan jati dan berasa lebih kuat.

Sirih buah, yang disebut juga varietas siriboa, memiliki tiga macam bentuk buah, yaitu siriboa putih, siriboa kambing, dan siriboa kulilawan. Siriboa putih mempunyai rasa tidak tajam dan bau enak pada mulut; siriboa kambing mempunyai rasa lebih tajam dan seperti bau kambing; dan siriboa kulilawan mempunyai bau dan rasa buah paling pedas, seperti kulilawan. Sirih buah biasanya dimakan penduduk Indonesia Bagian Timur, sedangkan sirih daun oleh penduduk Indonesia Bagian Barat.

Sirih Dudu, yang disebut juga kadok, karok. atau cabean, tersebar dari Cina, Borneo, sampai Jawa. Rebusan daunnya dapat digunakan untuk mengobati sakit tulang, sakit kepala, atau panau. dengan mengoleskannya pada tulang, dahi, atau kulit yang diserang penyakit kulit tersebut. Seperti sirih, daun sirih dudu pun berkhasiat sebagai obat batuk. Di Ambon, orang mencuci pakaian dengan mencampur daun sirih du- kok agar baju berbau harum. Akarnya, yang dicampur bengle dan kulit Evodia serta diremas-remas dalam air dan diberi parutan kunyit, dapat dipergunakan sebagai pewarna kain, sehingga tidak akan luntur. Habitat tumbuhan ini tempat yang lembap dan teduh di sepanjang jalan hutan yang masih lebat.

Sirih Hutan tumbuh liar di Ambon. Penduduk setempat sering memanfaatkan kulit, tangkai daun, dan daunnya sebagai pengganti sirih. Daun sirih hutan berukuran dua kali lebih besar daripada daun sirih, serta berasa kuat sekali seperti sirih buah. Daun yang dapat dimanfaatkan hanya daun muda, karena daun tuanya mempunyai rasa lebih tajam dan dapat menyebabkan pusing kepala bagi yang memakan. Kulit yang telah kering pun dapat dimakan seperti sirih.

Sirih Pahit tumbuh liar di Ternate dan Maluku, terutama pada bebatuan di hutan dekat pantai. Daunnya besar, batangnya besar dan sering kali memanjat pohon besar. Kulitnya berasa pahit, tetapi enak dan pernah digunakan untuk mengobati cacar. Rebusan kulitnya dapat dipakai untuk mengobati benjolan- benjolan dengan cara mengoleskan buihnya, serta berguna pula sebagai obat sakit kejang perut dan penyakit kelamin. Orang memanfaatkan campuran rebusan kulit dengan jeruk nipis untuk mengobati anak yang cacingan. Daunnya, yang dioles minyak kayu cendana dan kunyit, lalu dipanaskan, digunakan untuk mengobati pembengkakan dalam perut dengan cara meletakkannya pada bagian yang membengkak.

Sirih Talan mempunyai batang sebesar ibu jari dan tumbuh di hutan dekat pantai. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati bagian yang membengkak dengan cara memanaskan daun yang telah dibasahi air dan dibungkus dalam abu atau di atas api sampai panas, dan meletakkannya di bagian tubuh yang membengkak.

Klasifikasi Ilmiah. Sirih merupakan nama sekelompok tumbuhan yang tergolong marga Piper, dan termasuk suku Piperaceae (sirih-sirihan). Nama ilmiah sirih daun P. betle; sirih dudu P. sarmentosum; sirih hutan P. caducibracteum; sirih pahit P. fragile; dan sirih talan P. documanum.

 

Incoming search terms:

  • pengertian daun sirih
  • definisi daun sirih
  • pengertian sirih
  • arti daun sirih
  • arti sirih
  • definisi umum daun sirih
  • penjelasan tentang daun sirih
  • pengertian tanaman sirih
  • definisi daun sirih com
  • makna daun sirih

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian daun sirih
  • definisi daun sirih
  • pengertian sirih
  • arti daun sirih
  • arti sirih
  • definisi umum daun sirih
  • penjelasan tentang daun sirih
  • pengertian tanaman sirih
  • definisi daun sirih com
  • makna daun sirih