Advertisement

Adalah sarana yang dipakai oleh manajemen untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mengelola perusahaan, dan untuk menyusun laporan keuangan bagi pemilik, kreditur, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan. Sarana tersebut akan berupa seperangkat peraturan, kebijakan, catatan, prosedur, dan hubungan keorganisasian yang didesain untuk mengendalikan kegiatan serta sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan. Di da-lam memanajemeni perusahaan, manajemen harus selalu mengambil keputusan, baik dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian.

Meskipun besar serta jenis perusahaan yang satu berbeda dengan yang lainnya, dan kebutuhan serta penggunaan data yang dikumpulkan juga berbeda, sehingga sistem akuntingnya pun berbeda, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan jika perusahaan akan menyusun suatu sistem akunting.

Advertisement

Prinsip keseimbangan antara biaya dan manfaat. Setiap sistem akunting, mulai dari proses penyusunannya sampai dengan penggunaannya, memerlukan biaya. Di dalam menyusun sistem akunting harus selalu dipertimbangkan apakah biaya yang dikeluarkan tersebut sepadan dengan manfaat yang diperoleh dari informasi yang dihasilkannya. Jika manfaat yang akan diperoleh ternyata lebih kecil dari biaya yang dikeluarkan, sebaiknya sistem tersebut tidak dilaksanakan.

Prinsip fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan di masa datang. Karena perusahaan selalu mengalami perubahan, banyak serta jenis informasi yang dibutuhkan juga mengalami perubahan. Sistem akunting harus disusun sedemikian rupa sehingga cukup fleksibel di dalam menghadapi tuntutan perubahan tersebut.

Prinsip pengendalian intern yang memadai. Sistem akunting yang disusun harus mampu melayani kebutuhan manajemen di dalam pengendalian intern operasi perusahaan. Prosedur terperinci yang digunakan manajemen untuk mengendalikan operasi perusahaan disebut pengendalian intern (Lihat PENGENDALIAN INTERN).

Prinsip efektivitas pelaporan. Sistem akunting harus menghasilkan laporan sesuai dengan kebutuhan pihak yang menerima laporan, baik dari segi isi maupun ketepatan waktunya. Laporan yang isinya lengkap, terinci dan tepat, tetapi terlambat diterima oleh pihak yang memerlukannya, berarti tidak efektif.

Prinsip kesesuaian dengan struktur organisasi. Informasi yang diperlukan oleh masing-masing pihak di dalam perusahaan sangat ditentukan oleh garis wewenang dan tanggung jawab yang telah ditetapkan di dalam struktur organisasi. Oleh sebab itu, sistem akuntansi harus disusun dengan memperhatikan struktur organisasi ini.

Langkah-langkah Penyusunan Sistem Akunting. Pada dasarnya sistem akunting dapat disusun melalui tiga tahap pokok, yaitu: menganalisis sistem, mendesain sistem, dan menerapkan sistem.

Analisis sistem. Tujuan analisis sistem adalah untuk menetapkan informasi yang diperlukan, sumber- sumber informasi, serta prosedur dan metode yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul. Informasi yang diperlukan serta sumber-sumbernya didasarkan pada struktur organisasi yang telah ditetapkan.

Desain sistem. Sistem akuntansi akan didesain berdasarkan analisis sistem tersebut, dengan memperhatikan prinsip-prinsip umum sistem akuntansi yang telah dibahas sebelumnya. Seorang pendesain sistem harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai jenis-jenis alat pemroses data dan mampu memilih mana yang paling cocok dipergunakan di dalam perusahaan yang bersangkutan.

Penerapan sistem. Akhirnya, sistem yang telah didesain hfl.rus dilaksanakan atau diterapkan. Formulir- formulir untuk pengumpulan, pencatatan serta pengolahan data harus dicetak, prosedur-prosedur harus diperbanyak, dan jika ada alat-alat pemrosesan data yang akan dipakai, baik mekanik maupun elektro! k, harus segera dibeli dan dipasang. Semua petugas yang bertanggung jawab atas pelaksanaan sistem harus dilatih dan diawasi dengan teliti sampai hasilnya cukup memuaskan.

Secara garis besar ada tiga jenis sistem akunting, yaitu: sistem akunting manual, sistem akunting mekanik, sistem akunting otomatik. Sistem akunting mana yang akan dipakai, sangat tergantung dari variasi dan jumlah data yang akan masuk ke dalam sistem. Untuk memilih mana yang paling baik, juga harus diperhatikan sekali lagi prinsip-prinsip umum sistem akunting.

Incoming search terms:

  • pengertian akunting
  • akunting adalah
  • apa arti dari akunting
  • apa yang dimaksud dengan akunting
  • arti dari akunting

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian akunting
  • akunting adalah
  • apa arti dari akunting
  • apa yang dimaksud dengan akunting
  • arti dari akunting