Advertisement

Bahasa Inggris global environmental monitoring system, disingkat GEMS, adalah program pemantauan “Earth watch”, yakni sebuah program pendugaan kualitas lingkungan. Konsep “Earth watch” dikembangkan oleh organisasi UNEP sesudah Konferensi Lingkungan Hidup Manusia pada Juni 1972. Kantor UNEP dibentuk pada Desember 1972. Program “Earth watch” terdiri atas empat bagian, yaitu (a) evaluasi dan penelaahan; (b) pemantauan; (c) penelitian; dan (d) pertukaran informasi.

Tujuan Sistem Pemantauan Lingkungan Global adalah:

Advertisement

(a) sistem peringatan bagi kesehatan manusia;

(b) pendugaan pencemaran udara global dan dampaknya terhadap iklim;

(c) pendugaan besar dan penyebaran bahan yang mengkontaminasi sistem hayati, terutama rantai makanan;

(d) pendugaan masalah lingkungan yang kritis dalam kaitan dengan pertanian, tanah, dan air;

(e) pendugaan pengaruh lingkungan terhadap ekosistem terestrial;

(f) pendugaan polusi lautan dan dampaknya terhadap ekosistem lautan;

(g) peningkatan sistem secara internasional untuk memungkinkan pemantauan faktor-faktor yang diperlukan bagi peramalan bencana dan pelaksanaan pemberitahuan dini dan efisien tentang hal itu.

Pemantauan mempunyai fungsi terpenting untuk pengelolaan lingkungan yang baik. Selain itu, pengelolaan lingkungan yang baik juga bekerja dengan dasar evaluasi dan menelaah pertukaran hasil penelitian dan informasi. Pemantauan dapat diartikan sebagai proses observasi dan pengukuran yang berulang, untuk suatu keperluan, dengan satu atau lebih indikator fisik, kimia atau hayati dari keadaan lingkungan, dengan jadwal, tempat dan waktu yang sebelumnya ditentukan.

Incoming search terms:

  • maksud sistem pemantauan

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • maksud sistem pemantauan