Advertisement

Dalam masyarakat pertanian sawah dikenal dua macam sistem penanaman: (1) sistem tulak sumur,yaitu penanaman padi secara terus-menerus karena air mencukupi tanpa diselingi tanaman lainnya seperti palawija; (2) sistem masa,yaitu sistem penanaman yang diselingi dengan palawija karena air berkurang sewaktu-waktu (musim tertentu).

Pada masyarakat tertentu, seperti pada masyarakat yang berada di daerah ketinggian tertentu, sistem jeda antarmasa penanaman padi biasanya digunakan untuk memelihara ikan. Selain ikan digunakan untuk menambah pendapatan dari hasil penjualan ikan dan dikonsumsi sendiri, ikan ternyata juga dapat menyuburkan tanah dan sekaligus mematikan hama (wereng, dan belalang), karena kedua hama tersebut hanya dapat hidup pada saat padi sebagai tanaman untuk dimakan hama tersebut. Di beberapa daerah, masa seling padi biasanya digunakan untuk bercocok tanam palawija seperti jagung, kemudian ada juga yang diselingi dengan tanaman cabai, tomat atau sayur mayur.

Advertisement

Kemudian dengan ditemukannya teknologi penanaman padi yang mampu dipanen tiga kali dalam satu tahun, orang tidak lagi menanam tanaman selingan antarmasa panen padi. Sistem tanam semacam itu sering menyebabkan munculnya hama belalang dan wereng, karena tidak ada tanaman yang menjadi musuh hama tersebut. Dilahirkanlah kemudian jenis-jenis padi unggulan yang tahan hama wereng, hama belalang, dan sebagainya. Pada sistem penanaman bibit padi, biasanya petani melakukan pembibitan dengan memilih bibit padi yang baik untuk dijadikan bibit, yaitu dengan cara meletakkan butir-butir padi pada sebuah baskom yang berisi air. Butir-butir padi yang tenggelam dalam baskom dapat dijadikan bibit untuk penanaman selanjutnya. Bibit-bibit padi yang telah dipilih ini kemduian ditanam pada sebidang lahan sawah yang digunakan sebagai lahan pembibitan. Setelah beberapa lama, kumpulan bibit padi ini siap dipilah-pilan untuk kemudian ditanam di lahan sawah satu demi satu. Dengan adanya teknologi baru, petani sekarang tidak perlu lagi untuk memilih bibit dari padi yang dipanen, tetapi cukup dengan membeli bibit di toko bibit untuk ditanam.

 

Advertisement