Advertisement

Suatu penyakit atau gangguan mental yang di kalangan awam disebut gila, dan menyebabkan penderitanya seolah-olah berada di luar dunia nya Penyakit ini merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa berat yang paling sering dijumpai. Diperkirakan sekitar satu persen penduduk dunia menderita penyakit ini. Skizofrenia biasanya baru muncul pada usia dewasa muda, yaitu sejak masa pubertas sampai usia 40 tahun. Penyebabnya diduga faktor lingkungan psikologis, misalnya stres dalam kehidupan sehari-hari, yang terjadi pada orang yang pada dasarnya sudah rentan kondisi kejiwaannya.

Gejalanya meliputi perubahan pikiran, perasaan, dan perilaku. Cara berpikir menjadi dangkal serta tak dapat membedakan fantasi dan realitas. Berbagai waham timbul, misalnya keyakinan bahwa ada orang- orang yang mengejar atau berniat membunuh, serta kepercayaan akan kebesaran diri dan anggapan diri sebagai tokoh terkenal. Perasaan berubah-ubah dengan cepat, dan tidak menentu polanya. Perilaku penderita aneh, tidak layak, dan kadang-kadang menunjukkan gerakan tidak wajar yang tak masuk akal.

Advertisement

Penyakit ini biasanya diobati dengan antipsikotik. Cara pengobatan lain di antaranya dengan pemberian terapi elektrosyok. Psikoterapi merupakan terapi pendukung untuk mengembalikan penderita ke kehidupan normal.

Incoming search terms:

  • pengertian skizofrenia

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian skizofrenia