Advertisement

Suatu ajaran atau doktrin yang menekankan nilai-nilai kebersamaan pemilikan dan menentang adanya penguasaan barang-barang produksi terpenting oleh sekelompok orang. Dalam pengertian jnj sosialisme dipandang sebagai pedoman untuk pengatur pola-pola distribusi barang-barang produksi dan memberikan kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk bisa menikmati hasil-hasil pembangunan, baik dalam bidang kebudayaan, sosial, maupun yang menyangkut materi.

Sosialisme yang kita kenal sekarang memiliki akar sejarah yang terjadi di benua Eropa abad ke-18, yakni Revolusi Perancis dan Revolusi Industri di Inggris. Sosialisme ini kemudian menyebar cepat ke segala penjuru dunia. Dalam proses penyebaran ini, sosialisme mengalami banyak perkembangan, baik dalam bentuk maupun isi ajarannya. Sekalipun demikian, setiap sosialisme yang tumbuh di berbagai kawasan dan negara memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, yakni penghapusan hak-hak pribadi, pemberian kesempatan yang sama bagi setiap orang, perhatian terhadap hakikat kehidupan sosial setiap orang, dan sikap optimis.

Advertisement

Di Indonesia dikenal Sosialisme Pancasila, yaitu persenyawaan antara sosialisme dan ideologi Pancasila, yang terkandung dalam pasal 33 Undang-undang Dasar 1945 (lihat SOSIALISME PANCASILA).

Advertisement