Advertisement

Dapat diartikan sebagai sosialisme yang berdasarkan Pancasila. Tetapi artian seperti ini belum menjawab apa sebenarnya sosialisme Pancasila itu. Bila didasarkan pada arti kata-katanya saja, kata sosialisme dan Pancasila merupakan suatu paham atau ideologi yang mempunyai pendukung sendiri-sendiri, yang kemudian seolah-olah disatukan. Tetapi mencari arti sosialisme Pancasila dengan cara seperti ini tampaknya justru semakin menjauhkan usaha-usaha kita untuk mencari arti yang sebenarnya.

Menyimak isi rancangan-rancangan pembangunan nasional maupun Pelita-pelita yang telah dilaksanakan, kita dapat menyebutkan bahwa sosialisme Pancasila adalah sosialisme yang bertujuan melaksanakan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, yakni:

Advertisement

(1) membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;

(2) memajukan kesejahteraan umum;

(3) mencerdaskan kehidupan bangsa; dan

(4) ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Karena inti Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 itu pada hakikatnya tidak lain adalah Pancasila sendiri, sosialisme seperti itu disebut sosialisme Pancasila. Jadi sosialisme Pancasila mempunyai hak dan kewajiban untuk menyukseskan pengamalan Pancasila.

Berbeda dengan sosialisme biasa, apalagi dengan Marxisme, sosialisme Pancasila justru berusaha mengadakan keseimbangan antara milik individu dan milik bersama. Meskipun pada dasarnya menentang penindasan dan berjuang agar kekayaan yang ada di dunia ini dipergunakan untuk kesejahteraan umum, sosialisme Pancasila tetap menghormati hak milik individu. Jadi ada keseimbangan antara kepentingan umum dan kepentingan individu. Meskipun rumusan lain dan bentuk pengejawantahannya masih perlu dicarikan wujud yang tepat, bentuk sosialisme Pancasila di bidang ekonomi dapat dijumpai dalam Undang- undang Dasar 1945, yang biasanya diistilahkan sebagai sistem kekeluargaan, yaitu pasal 33 UUD 1945.

Penjelasan UUD 1945 lebih lanjut menegaskan, antara lain, bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang-seorang. Oleh sebab itu, perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Negara, koperasi, dan swasta bertanggung jawab atas jalannya perekonomian bangsa. Rumusan demokrasi ekonomi dalam Garis-garis Besar Haluan Negara semakin memperjelas arah sosialisme Pancasila. Di dalam GBHN itu, antara lain, disebutkan bahwa: (1) perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan; (2) cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; (3) bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat se- besar-sebesarnya; (4) sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, serta pengawasan terhadap kebijaksanaannya ada pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula; (5) warga negara mempunyai kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak; (6) hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh ber-tentangan dengan kepentingan masyarakat; (7) potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum; (8) fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara.

Selanjutnya ditegaskan pula bahwa dalam demokrasi ekonomi harus dihindarkan ciri-ciri sistem ekstrem sebagai berikut: (1) sistem free fight liberalism yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain yang dalam sejarahnya di Indonesia telah menimbulkan dan mempertahankan kelemahan struktural posisi Indonesia dalam ekonomi dunia; (2) sistem etatisme yang memungkinkan negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan serta mendesak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi, dengan dominasi oleh satu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikan rakyat. Karena berdasarkan Pancasila, sosialisme Pancasila itu juga akan tumbuh dan berkarya berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila.

Incoming search terms:

  • sosialisme pancasila
  • pancasila dan sosialisme
  • pengertian sosialisme
  • Apakah sosialisme pancasila itu
  • pancasila sosialis

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • sosialisme pancasila
  • pancasila dan sosialisme
  • pengertian sosialisme
  • Apakah sosialisme pancasila itu
  • pancasila sosialis