Advertisement

Menurut Barash, adalah studi dasar biologi tentang perilaku sosial yang menggunakan evolusi sebagai dasar penjelasan. Nama sosiobiologi pertama kali digunakan oleh Wilson yang menggabungkan teori evolusi, ekologi dan perilaku hewan. Disiplin ilmu baru ini telah berhasil membantu pemahaman perilaku hewan.

Dalam teori evolusi, makhluk di atas bumi ini secara bertahap mengalami perubahan terus-menerus. Walaupun perubahan karena evolusi itu tampak pada struktur, pada dasarnya perubahan itu terjadi secara genetik. Perubahan genetik itulah yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk, yang selanjutnya dapat menimbulkan perubahan fungsional.

Advertisement

Perilaku sosial mempunyai arti penting dalam kehidupan sosial dan selalu ada untung-ruginya bagi setiap jenis makhluk. Secara umum perilaku sosial itu menimbulkan efek yang mendalam pada reproduksi, interaksi antara predator dan mangsa, fasilitasi sosial dan penyesuaian pada lingkungan, kompetisi antara makhluk sejenis, pembagian kerja, dan transmisi informasi.

Namun demikian, sebagai teori yang mencoba membuktikan pengaruh seleksi alam pada perilaku manusia dan hewan, sosiologi masih merupakan teori yang kontroversial.

Advertisement