PENGERTIAN SOSIOLOGI DAN KAJIAN ILMIAH TENTANG MASYARAKAT MANUSIA – Tingkat keragaman dalam kehidupan sosial manusia sudah sangat umum diketahui. Sebagian masyarakat terorganisasi secara sederhana dan kecil; sementara sebagian yang lain besar dan sangat kompleks. Sebagian masyarakat menopang kehidupannya dengan berburu binatang liar dan meramu, atau bertani; sementara yang lain menggantungkan diri kepada industri modern. Di antara yang menggantungkan hidup kepada industri modern, sebagian menganut sistem ekonomi kapitalis, sementara yang lain membangun sosialisme. Sistem pemerintahan demokratis diberlakukan di banyak masyarakat modern, sementara di sejumlah negara lainnya diberlakukan pemerintahan totaliter. Banyak masyarakat masa lalu yang tidak mempunyai pemerintahan formal sama sekali, sebuah situasi yang juga masih berlangsung pada sebagian masyarakat sekarang. Peperangan telah menjadi gambaran kronik untuk sejumlah besar masyarakat, namun di sebagian masyarakat lain sama sekali tak dikenal. Laki-laki dalam kebanyakan kebudayaan dunia memperisteri lebih dari seorang wanita, namun dalam masyarakat industrial modern praktek ini dilarang hukum. Orang-orang disebagian masyarakat menghargai individu yang punya ambisi dan semangat bersaing, sebaliknya para anggota masyarakat lain menekankan bentuk kerja sama dan gotong royong. Wanita dalam banyak kebudayaan dipandang rendah dan diperlakukan rendah oleh lakilaki, sementara dalam banyak kebudayaan lain wanita dipandang dan diperlakukan kurang lebih sama dengan laki-laki. Daftar ini masih dapat diperpanjang terus, tak ada habisnya.

Namun, disamping adanya banyak variasi dalam pikiran dan tindakan manusia, terdapat sejumlah karakteristik yang sama bagi semua atau kebanyakan masyarakat. Semua masyarakat mempunyai sistem ekonomi, pola kehidupan perkawinan dan keluarga, bentuk kepercayaan dan ritual keagamaan. Semua masyarakat melarang atau tidak menganjurkan perkawinan sedarah (incest). Tidak ada masyarakat yang dipimpin wanita, juga tidak ada masyarakat yang membebankan tanggung jawab untuk berperang kepada wanita. Singkatnya, berbagai masyarakat manusia mempunyai ciri-ciri yang sama dan juga berbeda, kesamaan-kesamaan dan juga perbedaan-perbedaannya.

Ciri penting kehidupan manusia yang lain adalah tingkat perubahan yang dialaminya. Masyarakat Amerika kontemporer, misalnya, hidup dalam masyarakat yang sangatjauh berubah dari keadaan mereka 200 tahun yang lalu dan sekarang mengalami perubahan sosial yang sangat penting. Perubahan yang telah terjadi bukan hanya bersifat mendalam tetapi juga cepat, dan kecepatan perubahan itu bertambah secara konstan. Namun, sebagian masyarakat hanya berubah sedikit dalam jangka waktu yang sangat panjang. Orang sekarang juga masih dapat menemukan sedikit kelompok orang yang menopang hidupnya denganberburu binatang liar dan meramu. Kelompok ini tetap mempertahankan gaya hidup yang hanya sedikit berbeda dengan ga. ya hidup nenek moyang mereka ribuan tahun lalu.

Filed under : Bikers Pintar,