Advertisement

Ilmu sastra yang mempersoalkan hubungan timbal balik antara sastrawan, karya sastra, dan masyarakat. Sebuah karya sastra tidak muncul begitu saja tanpa sebab. Sebuah karya sastra diciptakan sastrawannya dengan tujuan tertentu, dalam status sosial tertentu, dalam situasi budaya tertentu, dalam ideologi tertentu, dan lain-lain hal yang menyangkut sastrawan sebagai pencipta sastra. Sedang karyanya sendiri mengandung makna dan idiom-idiom tertentu yang bertolak dari kehidupan masyarakatnya. Sebuah karya sastra disebut demikian kalau sudah dikomunikasikan kepada masyarakatnya. Dalam hal ini dipermasalahkan bagaimana penerimaan masyarakat dan pengaruh karya tersebut lerhadap masyarakatnya.

Unsur-unsur sosial karya sastra tersebut memiliki corak hubungan timbal balik yang mengakibatkan terciptanya kondisi budaya tertentu dalam masyarakat sastra. Sosiologi sastra mencari sifat-sifat hubungan yang khas antara sastrawan, karya sastra, dan masyarakat dalam lingkungan masyarakat sastra tersebut.

Advertisement

Meskipun ilmu sastra semacam ini telah muncul sejak Jaman Plato, namun sosiologi sastra sekarang berinduk pada karya-karya Herder dan Madame de Stael pada akhir abad ke-18 dan Hippolyte Taine pada abad ke-19. Di abad ke-20 para ahli sastra berhaluan Marxisme banyak berminat dalam bidang ini. Sejak itu berkembanglah telaah sosiologi sastra dari penulis-penulis seperti Irving Howe, Clement Greenberg, Lucien Goldman, Ian Watt, Raymond Williams, Leo Lowenthal, Alan dan Diana Swingewood, dsb. Di Indonesia telaah sosiologi sastra telah muncul secara sporadis sejak Jaman Pujangga Baru dan pada tahun 1950-an. Sebuah pengantar umum tentang sosiologi sastra telah dibuat oleh Sapardi Djoko Damono pada tahun 1978.

Incoming search terms:

  • pengertian sosiologi sastra
  • Definisi sosiologi sastra
  • apa yang dimaksud sosiologi sastra
  • definisi sosiologi sastra menurut pakar

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian sosiologi sastra
  • Definisi sosiologi sastra
  • apa yang dimaksud sosiologi sastra
  • definisi sosiologi sastra menurut pakar