Advertisement

Adalah sejenis bendera yang dibedakan antara satu dan yang lainnya dari bentuk dan kegunaannya. Bentuk-bentuk pokok spanduk adalah banner, pennon, guidon, standard, dan pendant {pen-nant).

Bentuk asli spanduk adalah banner, yang pada masa silam digunakan oleh kalangan terbatas di Eropa seperti para tokoh terkemuka, bangsawan, dan tuan tanah, untuk dibawa ke tempat upacara kenegaraan atau kemiliteran. Bentuknya empat persegi panjang dan memuat lambang diri atau keluarga. Pada jaman sekarang, banner digunakan sebagai lambang militer di seluruh Eropa kecuali di Skotlandia.

Advertisement

Pennon adalah lambang yang digunakan para ksatria di Eropa pada masa lampau, berupa bendera ber- bentuk segi tiga kecil. Lambang ini biasanya diikatkan pada tombak yang digunakan untuk menteror musuh dan menandai kepangkatan.

Guidon berupa bendera berbentuk lancip panjang yang dijadikan lambang pasukan kavaleri dan dibawa pada saat berperang.

Standard berukuran besar dan biasanya dijadikan lambang yang bersifat tetap. Lambang ini menandai posisi alat pengangkut dalam perang, upacara, dan turnamen. Pengibaran standard sering menandai kehadiran raja di istana, kastil, atau kapal.

Pendant atau pennant, yang dulu disebut streamer, herupa bendera panjang sekitar 18 sampai 55 meter dengan lebar 7 meter. Lambang ini terutama digunakan di laut pada abad ke-15 untuk membedakan antara kapal perang dan kapal dagang. Dari segi ukuran, pennant menyerupai apa yang selama ini dikenal sebagai spanduk di Indonesia. Tetapi apa yang tertera jauh berbeda, karena spanduk yang dikenal di sini tidak lebih dari kain rentang panjang berisi pengumuman, iklan, propaganda, slogan, dan sebagainya, yang perlu diketahui oleh khalayak umum dan bersifat sementara.

 

Incoming search terms:

  • pengertian spanduk
  • arti spanduk adlah
  • defenisi spanduk

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian spanduk
  • arti spanduk adlah
  • defenisi spanduk