Advertisement

Suatu metode untuk mengidentifikasi molekul organik dan menentukan struktur serta susunan kimianya. Atom atau gugus atom (molekul, radikal, ion) dapat saling dipisahkan dengan cara diionkan, kemudian dilewatkan dalam gabungan medan listrik dan magnet, sehingga ion-ion yang nilai e/m-nya berlainan akan jatuh di tempat yang berlainan (e muatan ion dan m massa ion). Ini dasar metode spektroskopi massa.

Molekul organik yang besar dapat dipecah-pecah dan tiap pecahan diionkan. Ternyata pola pemecahan itu kurang-lebih konstan. Maka spektroskopi massa dapat dimanfaatkan untuk identifikasi molekul organik, di samping unsur dan isotop. Metode ini juga membantu penentuan struktur dan susunan kimia molekul yang rumit.

Advertisement

Pengionan biasa dilakukan dengan membom partikel/fragmen tersebut dengan elektron. Gabungan medan magnet dan listrik akan lebih membelokkan partikel yang V/m-nya kecil daripada yang e/m-nya besar. Maka diperoleh spektrum yang disebut spektrum massa.

Spektroskopi massa penting dalam ilmu dan industri. Misalnya dalam membandingkan kelimpahan Uranium-235 dan Uranium-238 dalam suatu contoh. Juga untuk memperkirakan pengotoran dalam silikon untuk transistor.

Campuran zat bisa dipisahkan dengan kromatograf gas, kemudian tiap fraksi memasuki spektrometer massa. Gabungan dua alat ini (kromatograf gas dan spektrometer massa) populer dengan singkatan GC/MS.

Incoming search terms:

  • pengertian spektrometer massa
  • pengertian spektroskopi massa
  • pentingnya spektroskopi massa

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian spektrometer massa
  • pengertian spektroskopi massa
  • pentingnya spektroskopi massa