Advertisement

Cabang ilmu yang menangani pengamatan spektrum. Spektrum dalam arti sempit dan asli adalah sebaran komponen-komponen cahaya dengan panjang gelombang (warna) yang berlainan, misalnya apabila cahaya itu dilewatkan prisma. Di sini spektrum memaparkan komponen dengan pan-jang gelombang apa saja, dan intensitas tiap komponen. Dalam arti yang lebih luas spektrum adalah sebaran komponen suatu sistem dengan sifat tertentu yang berlainan, yang disebarkan menurut sifat tertentu yang lain. Sifat tertentu yang lain ini sering hanya berarti pengurutan menurut naik atau turunnya sifat yang pertama. Demikianlah spektrum massa suatu zat mencerminkan populasi pecahan-pecahan molekul zat itu yang diurutkan menurut naiknya massa tiap pecahan. Spektrum pendapat dalam suatu ma-syarakat mengenai suatu isu politik ialah berbagai pendapat mengenai isu itu, mulai dari yang paling konservatif sampai yang paling liberal, dan kira-kira berapa persen memegang masing-masing versi pendapat itu.

Jadi dalam arti yang asli spektroskopi menangani pemerian, analisis, pengukuran dan penafsiran radiasi elektromagnetik yang diserap atau dipancarkan oleh suatu materi. Dalam arti yang lebih luas, spektroskopi mencakup juga spektroskopi-massa. Aslinya, gelombang elektromagnetik yang dilibatkan hanyalah cahaya tampak. Namun sekarang spektroskopi mencakup semua panjang gelombang, mulai dari sinar gama yang paling pendek sampai gelombang radio yang sangat panjang. Namun umumnya spektroskopi menggunakan cahaya ultraviolet (jauh dan dekat, 200 sampai 400 nanometer), cahaya tampak (400 sampai 750 nanometer), dan inframerah (dekat dan jauh, 750 nanometer sampai 1 milimeter).

Advertisement

Alat di dalam spektroskopi adalah spektroskop. Bagian utamanya adalah pengurai cahaya menjadi komponen-komponennya yang mempunyai panjang gelombang yang berlainan. Ada tiga macam pengurai cahaya: prisma, kisi, dan interferometer. Setelah diurai, komponen-komponen itu diamati dengan mata, atau dipotret, atau dideteksi dan diukur intensitasnya dengan satu atau lain jenis detektor. Spektrograf adalah spektroskop yang menggunakan pemotretan untuk merekam spektrum. Spektrometer adalah spektroskop yang dirancang untuk menetapkan panjang gelombang radiasi secara langsung atau tidak langsung dari suatu skala atau cakram putar.

Bagian lain sebuah spektroskop adalah celah untuk memasukkan berkas cahaya yang akan dianalisis. Garis-garis spektrum pada hakikatnya adalah gambar atau citra dari celah ini; sistem cermin atau lensa untuk membuat berkas itu sejajar sebelum memasuki bagian pengurai atau pendispersi; sistem lensa atau cermin untuk memusatkan berkas setelah keluar dari pendispersi agar jatuh ke detektor secara terfokus. Detektor itu dapat berupa mata pengamat dalam hal spektroskop visual, lempeng potret dalam hal spektrograf, tabung foto untuk cahaya ultraviolet dan termo- kopel atau radiometer lain untuk cahaya inframerah.

Prisma dapat digunakan sebagai alat pengurai ca-haya, berdasarkan perbedaan indeks bias untuk pan-jang gelombang yang berlainan. Cahaya biru dibias-kan lebih banyak daripada cahaya merah. Sejumlah besar kisi sejajar juga dapat digunakan untuk meng-urai cahaya, bila jarak kisi sama dimensinya dengan panjang gelombang cahaya. Jadi kisi yang lebarnya 25 sentimeter dan berisi guratan sejajar sebanyak sekitar 180 ribu buah cocok untuk cahaya tampak. Kisi mempunyai keunggulan terhadap prisma karena spektra yang dihasilkan kisi lebih seragam (jarak garis spektrum berbanding lurus dengan selisih panjang gelombang) dan boleh dikatakan tidak ada cahaya yang hilang (prisma menyerap cahaya tertentu; misalnya prisma kaca tidak tembus cahaya ultraviolet). Macam ketiga pengurai adalah interferometer, yang kerjanya didasarkan pada gejala interferens cahaya.

Pada spektroskopi serapan diperlukan sumber ca-haya yang memberikan cahaya sinambung: semua komponen dalam jangka tertentu ada, dengan intensitas yang cukup. Biasanya digunakan lampu pijar. Lampu wolfram memberikan cahaya sinambung, mulai dari 360 nanometer sampai 800 nanometer. Sebe- ium memasuki celah, cahaya ini melewati contoh zat ang akan dianalisis. Beberapa komponen dengan panjang gelombang tertentu akan diserap sebagian atau semuanya. Penyerapan ini akan menimbulkan garis-garis gelap pada spektrum.

Pada spektroskopi pancaran, sumber cahaya itu sekaligus ditempati oleh contoh zat. Dengan pemanasan atau bunga api, zat itu akan memancarkan cahaya yang akan dianalisis oleh spektroskop itu. Di samping lampu pijar, sumber cahaya dapat berupa busur listrik, bung’ api’ dan tabung lucutan listrik.

Dua hal penting harus dilakukan dalam analisis spektrum. Pertama, berdasar posisi garis-garis di dalam spektrum, panjang gelombang masing-masing garis dapat ditetapkan. Pada spektroskopi kisi dan interferometer posisi dan panjang gelombang berbanding lurus. Pada spektroskopi prisma diperlukan kalibrasi.

Potret spektrum (spektrogram) yang diperoleh dari suatu spektrograf dievaluasi untuk mengetahui tebal tiap garis, biasanya dengan alat yang disebut densitometer. Dalam hal lain digunakan berbagai detektor yang mengubah intensitas cahaya menjadi suatu isyarat listrik yang dapat digandakan dan direkam.

Berdasar bentuknya dikenal spektrum garis, spektrum pita, dan spektrum sinambung. Spektrum garis diperoleh bila zat berbentuk gas monoatom yang cukup jarang, sehingga tidak ada interaksi antara atom- atom. Garis-garis itu ditimbulkan oleh perubahan energi elektron-elektron di dalam atom. Spektrum pita diperoleh juga bila contoh berupa gas yang jarang atau bagai zat terlarut yang cukup encer. Pita ini ditimbulkan oleh perubahan energi elektron yang merupakan elektron ikatan di dalam molekul zat itu. Sebenarnya pita itu merupakan kumpulan garis-garis diskrit (terpisah dan terbedakan) yang sangat dekat letaknya, sehingga spektroskop itu tidak sanggup memisahkan. Spektrum sinambung ditimbulkan oleh zat cair atau zat padat, dan interaksi antara molekul-molekul di dalam zat ini. Spektrum sinambung tidak terdiri atas garis-garis yang berdekatan.

Incoming search terms:

  • spektroskopi
  • pengertian spektroskopi
  • spektroskopi adalah
  • pengurai cahaya
  • pengertian spektra
  • materi spektroskopi
  • definisi spektroskop
  • arti kata spektrum secara umum
  • spektroskopis
  • apa pengertian spektroskopi

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • spektroskopi
  • pengertian spektroskopi
  • spektroskopi adalah
  • pengurai cahaya
  • pengertian spektra
  • materi spektroskopi
  • definisi spektroskop
  • arti kata spektrum secara umum
  • spektroskopis
  • apa pengertian spektroskopi