Advertisement

Nama kelompok maupun anggota kelompok mineral malihan yang secara kimiawi adalah oksida logam. Rumus kimia umumnya adalah AB204, dengan A magnesium, besi(II), zink, atau mangan; dan B aluminium, besi(III) atau kromium. Logam A mudah dipertukarkan di dalam kelompok itu.

Spinel sebagai nama anggota kelompok adalah magnesium aluminium oksida, suatu mineral malihan yang kadang-kadang digunakan sebagai batu hias yang relatif murah. Bobot jenisnya sekitar 3,8; kekerasannya sekitar 7,8; dan sistem kristalnya isometrik. Spinel dapat bening maupun keruh, dapat tidak mengkilap maupun mengkilap seperti kaca. Umumnya spinel berwarna hitam, namun spinel merah, ungu, biru, dan kuning juga dijumpai. Spinel terdapat dalam batu kapur malihan dan dalam gneiss, juga dalam batuan lelehan yang bersifat basa. Kadang-kadang mineral ini terdapat di antara pasir sungai sebagai kersik.

Advertisement

Spinel bening berwarna merah paling sering digunakan sebagai batu hias, dengan nama mirah delima dan banyak terdapat di Asia Tenggara. Spihel juga dapat disintesis. Spinel buatan banyak digunakan sebagai bahan tahan api.

Advertisement