Advertisement

Adalah keadaan tenang suatu negara karena gejolak-gejolak atau gangguan- gangguan yang bersifat politis ideologis, sosial ekonomis, militer, dan lain-lain telah dapat dihindarkan. Bila keamanan, ketertiban, dan ketenangan dalam kehidupan masyarakat, dalam arti juga masyarakat negara/bangsa, terjamin, roda pemerintahan, termasuk pembangunan dapat berjalan lancar. Lembaga-lembaga, baik negara maupun swasta, dapat melaksanakan fungsinya sesuai dengan kedudukannya.

Stabilitas dalam artian politik yang selama ini dianut dan dipakai tidak dikonotasikan sebagai suatu hal yang negatif. Stabilitas di sini tidak berarti keadaan mandeg (berhenti) atau ajeg (tidak tambah tidak turun), melainkan suatu ketenangan politis yang memungkinkan pembangunan nasional dan pertumbuhan berlangsung secara baik. Terjaminnya keamanan dan ketertiban dalam suatu negara memungkinkan terjadinya kreativitas dan dinamika di dalam masyarakat. Jadi stabilitas di sini adalah situasi yang dihindarkan dari gejolak-gejolak negatif dan, sebaliknya, justru merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan dan pertumbuhan.

Advertisement

Stabilitas dan pembangunan nasional merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, dan saling membutuhkan. Keberhasilan pembangunan nasional akan sangat mempengaruhi tercapainya stabilitas nasional. Oleh karena itu momentum yang memungkinkan terpeliharanya pelaksanaan dan lajunya pembangunan nasional harus tetap dijaga dan dikembangkan terus. Stabilitas nasional tidak boleh diartikan sebagai pengekang kebebasan, dinamika, kreativitas, dan kemerdekaan masyarakat. Stabilitas diperlukan untuk menciptakan iklim yang memungkinkan berkembangnya kehidupan masyarakat semaksimal mungkin.

Sejak pemerintah Orde Baru mencanangkan pembangunan nasional melalui Repelita yang dimulai tahun 1969, stabilitas nasional telah menjadi salah satu landasan pembangunan nasional, yang tercantum dalam Trilogi Pembangunan. Bahkan dalam Repelita I-III stabilitas nasional yang sehat dan dinamis itu menjadi logi yang pertama dari Trilogi Pembangunan Nasional itu.

Dalam pembahasan-pembahasan yang menyangkut pembangunan nasional, pada garis besarnya stabilitas nasional itu dikelompokkan menjadi dua, yaitu stabilitas politik dan stabilitas ekonomi, yang keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Keseimbangan dalam memajukan dua bidang ini sangat mempengaruhi tercapainya stabilitas nasional.

Pembangunan ekonomi yang pesat tetapi tidak dibarengi pembangunan politik, atau pengembangan kehidupan ekonomi yang tidak memperhatikan, tidak menciptakan iklim atau memberi tempat dan peluang bagi pertumbuhan kehidupan politik, justru dapat menimbulkan instabilitas politik yang pada dasarnya juga akan menghambat tercapainya stabilitas nasional, dan sebaliknya.

Khusus dalam rangka memantapkan stabilitas di bidang politik, antara lain perlu upaya untuk terus memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan hukum yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Pengamalan dan aktualisasi Pancasila dalam kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan sangat dipengaruhi oleh kualitas manusia pendukung dan pembela Pancasila. Dalam rangka ini pula kita perlu meningkatkan usaha-usaha untuk memelihara ketertiban dan kepastian hukum yang mampu mengayomi masyarakat, sebagai salah satu syarat bagi terciptanya stabilitas nasional yang mantap. Untuk itu perlu ditingkatkan pembangunan hukum nasional dan lan kah-langkah pembinaan aparatur pemerintah, khususnya aparatur penegak hukum, serta kesadaran hukum masyarakat pada umumnya.

Bidang lain yang tidak kalah pentingnya untuk membantu tercapainya stabilitas politik adalah terpeliharanya keamanan dan ketertiban umum. Oieh karenanya keamanan dan ketertiban umum perlu teru dipelihara bahkan ditingkatkan untuk menjamin ter peliharanya stabilitas nasional dan kelancaran pelaksanaan pembangunan nasional. Untuk itu, sesuai dengan garis politik yang kita anut, profesionalisme ABRI sebagai kekuatan pertahanan keamanan dan kekuatan sosial politik perlu terus ditingkatkan. Di samping itu kesadaran dan tanggung jawab masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban perlu terus dibina dan ditumbuhkan sesuai dengan Sistem Hankamrata (Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta).

Selain itu, karena sifat keterbukaan kita, politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk kepentingan nasional harus benar-benar mempunyai peranan untuk membantu mencapai kestabilan politik. Oleh sebab itu para penanggung jawab politik luar negeri harus mampu mengantisipasi gejolak-gejolak atau perkembangan dunia sebagai modal untuk menghadapi perkembangan tersebut, dan seterusnya dapat memanfaatkan perkembangan dunia itu untuk kesejahteraan bangsa dan negaranya.

Khusus untuk memantapkan stabilitas ekonomi, kebijaksanaan ekonomi yang telah mampu memelihara dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlu dilanjutkan. Usaha-usaha untuk meningkatkan kenaikan produksi dalam berbagai bidang harus terus dilakukan. Dengan demikian barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari dapat tersedia secara mantap dan pemerataan hasil pembangunan dan pembangunan seluruh rakyat dan seluruh pelosok tanah air dapat tercapai. Untuk ini pula, penyediaan lapangan kerja untuk menampung atau mengatasi ledakan peningkatan tenaga kerja harus pula menjadi prioritas.

Secara singkat stabilitas nasional akan sangat dipengaruhi oleh : (1) manusia-manusia yang ber-kepentingan, termasuk para pemimpinnya; (2) keadaan masyarakatnya; (3) tata perundangan yang men-dukungnya; dan (4) pengaruh luar, misalnya perdamaian, peperangan, resesi, dan perkembangan teknologi.

Incoming search terms:

  • Stabilitas nasional
  • pengertian stabilitas
  • pengertian stabilitas nasional
  • ARTI stabilitas
  • arti stabilitas nasional
  • stabilitas nasional yang dinamis
  • Apa itu stabilitas
  • pengertian stabilisasi penyeragaman
  • stabilitas negara
  • stabilitas nasional adalah

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • Stabilitas nasional
  • pengertian stabilitas
  • pengertian stabilitas nasional
  • ARTI stabilitas
  • arti stabilitas nasional
  • stabilitas nasional yang dinamis
  • Apa itu stabilitas
  • pengertian stabilisasi penyeragaman
  • stabilitas negara
  • stabilitas nasional adalah