Advertisement

Bersama stalagmit adalah bentukan berkapur yang banyak dijumpai dalam gua batu kapur. Stalaktit umumnya berupa ujung tombak. Istilah “stakeholder” pertama dipakai oleh Stanford Research Institute (SRI) pada tahun 1963. Semula istilah ini dipakai untuk membantah dugaan bahwa pemegang saham merupakan satu-satunya kelompok yang harus diperhatikan oleh manajemen. Di samping pemegang saham ternyata ada kelompok-kelompok lain yang juga harus diperhatikan oleh manajemen, yaitu karyawan, pelanggan, pemasok, pemberi kredit, dan masyarakat luas, karena tanpa mereka perusahaan tidak akan pernah ada.

Stalagmit bertemu sehingga tampak seperti tiang. Sebenarnya di samping stalaktit dan stalagmit masih ada bentukan lain, misalnya lembaran, tirai, dan kerak. Semua bentuk ini disebut batuan tetes (ada juga yang menamakannya batuan alir), karena terbentuk dari kandungan air tanah yang menetes dari langit-langit ke dalam gua.

Advertisement

Air tanah yang mengandung karbon dioksida akan melarutkan batu kapur [CaCO, menjadi Ca(HCO02] sehingga jenuh. Ketika air tanah ini bergantung pada langit-langit dalam keadaan siap menetes atau setelah menetes akan melepaskan karbon dioksida sehingga akan terbentuk kembali kalsium karbonat yang tidak larut dalam air. Endapan ini lambat laun akan menumpuk dan menghasilkan bentukan-bentukan itu.

Incoming search terms:

  • pengertian stalaktip
  • stalagtit berupa?

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian stalaktip
  • stalagtit berupa?