Advertisement

Atau shell structure, adalah perpaduan antara bahan bangunan dan bentuk struktural untuk membentuk berbagai bagian dari bangunan, antara lain rangka yang memikul beban, kulit, lantai dan dinding penyekat. Kekuatan bangunan terutama tergantung dari kekuatan rangka yang memikul beban tersebut. Sampai akhir abad ke-19, dinding luar bangunan digunakan sebagai dinding pemikul beban. Sampai sekarang hal ini pun masih diterapkan pada bangunan kecil, misalnya rumah sederhana.

Konstruksi dinding pemikul membatasi tinggi bangunan, karena semakin tinggi bangunan, temboknya harus semakin tebal. Konstruksi semacam ini dapat dilihat, misalnya, pada Monadnock, bangunan tahun 1880-an di Chicago, yang mempunyai dinding setebal 1,5 meter pada bagian bawah. Pada perkembangan selanjutnya digunakan konstruksi rangka baja untuk bangunan yang tinggi sehingga dinding bangunan bisa jauh lebih tipis. Semua konstruksi yang dibicarakan di atas memerlukan tiang-tiang di sepanjang dinding luar dan di tengah ruang. Untuk bangunan dengan ruang-ruang kecil, konstruksi rangka baja tidak menjadi masalah, tetapi untuk bangunan yang memerlukan ruang luas seperti gereja, teater, arena dan stadion, biayanya akan menjadi sangat tinggi. Kemudian ditemukan berbagai sistem struktural untuk ruang bebas tiang berbentang sampai 244 meter, misalnya konstruksi rangka ruang, busur, kubah dan tempurung (shell).

Advertisement

Konstruksi tempurung ditemukan dari ilham kulit telur atau tempurung kelapa. Cangkang telur, meskipun kelihatan rapuh apabila sudah pecah, dalam keadaan utuh mampu menahan beban yang besar. Untuk membuktikannya anda dapat menekan telur pada sisi memanjangnya dengan kedua belah telapak tangan anda. Tekanan yang kuat sekalipun tidak akan dapat memecahkan telur itu (asal tidak ditekan pada sisi pendeknya). Struktur shell kurang lebih seperti struktur cangkang telur atau tempurung kelapa (kulit monolit) yang dibuat dalam ukuran besar dari beton. Kemudian ternyata bentuk struktur ini tidak hanya terbatas pada bentuk bulat telur, seperti yang telah dikembangkan oleh Felix Candela, seorang arsitek Spanyol (yang dikenal sebagai The shell builder) yang telah membuat berbagai bentuk geometris, misalnya kubah (lihat juga VAULT), konoid, hiperboloid, hiperbolik paraboloid, prismatik, dan sebagainya.

Incoming search terms:

  • tempurung telur

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • tempurung telur