Advertisement

Dicetuskan oleh sekelompok pemuda Indonesia pada masa pergerakan nasional, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928, di Wisma Indonesia, Jalan Kramat No. 106 Jakarta. Lahirnya Sumpah Pemuda dilatarbelakangi oleh berbagai peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Pada sekitar tahun 1928, penjajah Belanda berhasil menebarkan perpecahan di kalangan kaum pergerakan Indonesia. Berbagai perkumpulan kedaerahan bermunculan di mana-mana, seperti Jong Java, Sumatranen Bond, Sekar Rukun, Jong Minahasa, dsb. Meskipun demikian, ada juga kalangan pemuda waktu itu yang berpandangan jauh dan revolusioner, yang ingin menjebol dinding kedaerahan. Pada bulan Februari 1927 mereka berhasil membentuk perkumpulan Jong Indonesia. Perkumpulan inilah yang mendorong pemuda pada waktu itu untuk melaksanakan cita-cita kesatuan. ditangkap; (2) pada buian Desember Dr. Tjipto Mangunkusumo diasingkan; (3) gerakan Sarekat Islam dihalang-halangi.

Advertisement

Sikap Belanda itu dibalas dengan penggalangan suatu front persatuan, seperti Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI). Waktu itulah cita-cita persatuan Indonesia membayangi semua pergerakan bangsa Indonesia. Atas inisiatif beberapa pemuda revolusioner, seperti Muh. Yamin, Sujo- no Hadinoto, J. Leimena, Rohyani, W.R. Supratman, Ac ian, K. Gani, dll., disiapkanlah suatu kongres yang bertujuan membahas upaya mempersatukan pemuda- pemuda Indonesia.

Meskipun pemerintah kolonial terus berusaha membatalkan kongres ini, kaum pergerakan berhasil. Pada tanggal 28 Oktober 1928 pukuf 23.00 di Wisma Indonesia berlangsung Kongres Pemuda yang meng-hasilkan tekad persatuan bangsa Indonesia dengan rumusan: “Mengaku: Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa: Indonesia”. Dalam putusan kongres itu dicantumkan alasan-alasan untuk bersatu, antara lain “karena kemauan untuk bersatu telah mengatasi alasan- alasan lain, seperti sejarah, bahasa, hukum adat” (Soe- loc’h Indonesia 7 November 1928). Sumpah ini dapat diartikan sebagai serangan langsung terhadap sendi- sendi masyarakat kolonial yang berdasarkan garis warna dan status sosial yang pincang.

Untuk merealisasikan cita-cita itu. pada tanggal 23 April 1929 dibentuklah suatu komisi besar (Commis- sie van Voorbereding) untuk menyiapkan fusi di antara beberapa perkumpulan pemuda. Komisi ini terdiri atas Muh. Yamin, Wongsonegoro, Yusupadi, Tamsil, dsb. Karena adanya kesadaran untuk bersatu itu, antara tahun 1929 dan 1930-an, berturut-turut beberapa perkumpulan pemuda membubarkan diri, untuk kemudian meleburkan diri pada perkumpulan yang lebih besar.

Pada tanggal 31 Desember 1930 pukul 24.00 dires-mikanlah berdirinya suatu organisasi yang merupakan wadah semua pergerakan pemuda bernama Indonesia Muda. Dengan demikian cita-cita persatuan semakin mendapat tempat di kalangan organisasi pemuda.

Incoming search terms:

  • pengertian sumpah pemuda
  • definisi sumpah pemuda
  • devinisi sumpah pemuda
  • pengertiansumpah pemuda

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian sumpah pemuda
  • definisi sumpah pemuda
  • devinisi sumpah pemuda
  • pengertiansumpah pemuda