Advertisement

IRREDEEMABLE FINANCIAL SECURITY OR UNDATED SECURITY / SURAT BERHARGA YANG TIDAK DAPAT DITEBUS ATAU SURAT BERHARGA TANPA TANGGAL adalah suatu surat berharga seperti SAHAM PREFERENS (PREFERENCE SHARE) atau KONSOL (CONSOL) yang diterbitkan untuk periode yang tidak terbatas dan tidak dapat dibayar atau ditebus kembali. Bandingkan dengan REDEEMABLE FINANCIAL SECURITY.

SCHEDULE / SKEDUL I.S. adalah (investasi tabungan) skedul yang menggambarkan kombinasi dari tingkat PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME) dan TINGKAT BUNGA (INTEREST RATE) di mana kondisi keseimbangan untuk ekonomi riil (INVESTASI = TABUNGAN (INVESMENT = SAVINGS)) terjadi (lihat EQUILIBRIUM LEVEL OF NATIONAL INCOME). Skedul I.S. mempunyai kemiringan negatif, semakin rendah tingkat bunga akan mendorong volume investasi yang lebih besar (lihat MARGINAL EFFICIENCY OF CAPITAL/INVESTMENT) , yang pada gilirannya menghasilkan tingkat output dan pendapatan yang lebih tinggi melalui proses PENGGANDA (MULTIPLIER) . Namun demikian volume f investasi yang lebih besar membutuhkan volume tabungan yang lebih besar untuk tetap menjaga ekonomi riil dalam keseimbangan (S = I). Volume tabungan yang lebih tinggi hanya akan terjadi pada tingkat pendapatan yang lebih tinggi; sehingga tingkat bunga yang lebih rendah membutuhkan tingkat keseimbangan pendapatan yang lebih tinggi. Skedul I.S. berinteraksi dengan SKEDUL L.M. (L.M. SCHEDULE) dalam menentukan posisi keseimbangan umum bagi ekonomi secara keseluruhan.

Advertisement

I.S.L.M. MODEL / MODEL I.S.L.M adalah suatu pemikiran teoritis yang menggabungkan sektor riil I.S. (investasi-tabungan), dengan sektor moneter, L.M. (permintaan dan penawaran uang) secara serentak dalam perekonomian untuk menggambarkan posisi keseimbangan umum perekonomian secara keseluruhan. Dalam model, TABUNGAN (SAVING) adalah fungsi dari tingkat PENDAPATAN NASIONAL (NATIONAL INCOME), dan INVESTASI (INVESTMENT) adalah fungsi dari TINGKAT BUNGA (INTEREST RATE) dan efisiensi marjinal dari modal/investasi (MARGINAL EFFICIENCY OF CAPITAL/INVESTMENT) . SKEDUL I.S. (I.S. SCHEDUIJE) menunjukkan kombinasi dari tingkat pendapatan nasional dan tingkat bunga di mana kondisi keseimbangan untuk ekonomi riil I = S dicapai (lihat EQUILIBRIUM LEVEL OF NATIONAL INCOME). Permintaan akan uang L adalah fungsi dari tingkat pendapatan nasional (PERMINTAAN TRANSAKSI (TRANSACTION DEMAND)) dan tingkat bunga (PERMINTAAN SPEKULASI (SPECULATIVE DEMAND)). PERSEDIAAN UANG (MONEY SUPPLY), M, ditentukan secara eksogen. SKEDUL L.M. (L.M. SHEDULE) menunjukkan kombinasi dari tingkat pendapatan nasional dan tingkat bunga di mana kondisi keseimbangan untuk ekonomi moneter L = M dicapai (lihat RATE OF INTEREST). Seperti ditunjukkan dalam Gambar 94a, skedul I.S. berpotongan dengan skedul L.M. dalam menentukan suatu posisi ekulibrium umum, Ye, untuk ekonomi secara keseluruhan. Model I.S./L.M. dapat dipakai untuk mengilustrasikan bagaimana KEBIJAKAN FISKAL (FISCAL POLICY) dan KEBIJAKAN MONETER (MONETARY POLICY) dapat tingkat bunga dipergunakan untuk mempengaruhi tingkat pendapatan nasional. Jika pemerintah ingin meningkatkan pendapatan nasional, mereka dapat, sebagai contoh meningkatkan persediaan uang. Peningkatan persediaan uang akan menurunkan tingkat bunga. Penurunan tingkat bunga pada gilirannya akan meningkatkan volume investasi (lihat MARGINAL EFFICIENCY OF CAPITAL/INVESTMENT) , yang kemudian melalui efek PENGGANDA (MULTI¬PLIER) akan menghasilkan peningkatan pendapatan nasional. Dalam hal model I.S./L.M. seperti dalam Gambar 94b, peningkatan persediaan uang menggeser skedul LM} ke LM2 yang menurunkan tingkat bunga dari rx ke r2 dan menghasilkan suatu peningkatan dalam pendapatan nasional dari Yj ke Yg. Alternatif lain, pemerintah dapat menaikkan pendapatan nasional dengan, sebagai contoh, meningkatkan investasi pemerintah, peningkatan investasi ini menghasilkan peningkatan pendapatan nasional melalui efek pengganda. Dalam Gambar 94c, model I.S./L.M. menunjukkan peningkatan investasi menggeser skedul I.S. dari IS1 ke IS2, yang menghasilkan suatu peningkatan pendapatan nasional dari Y: ke Yg. Lihat juga MONEY-SUPPLY/SPENDING LINGKAGES.

Incoming search terms:

  • pengertian skedul IS dan LM

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • pengertian skedul IS dan LM