Advertisement

Diajukan kepada pengadilan oleh penuntut umum di dalam suatu pemeriksaan biasa, berdasarkan hukum acara pidana. Suatu surat dakwaan berisikan dakwaan atau tuduhan terhadap seorang tersangka yang telah diperiksa, dituntut, dan diajukan ke pengadilan karena melakukan suatu tindak pidana. Orang yang telah terkena surat dakwaan disebut terdakwa.

Suatu surat dakwaan harus memenuhi persyaratan formal, artinya memuat nama lengkap, tempat lahir umur atau tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan (kewarganegaraan), keterangan tempat tinggal, agama, dan pekerjaan terdakwa. Di samping itu harus dipenuhi pula persyaratan materiel, artinya memuat uraian secara cermat, jelas, dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dengan menyebut waktu dan tempat tindak pidana dilakukan.
Di samping acara pemeriksaan biasa, ada acara pemeriksaan singkat dan acara pemeriksaan cepat, yang pada umumnya terdiri atas acara pemeriksaan tindak pidana ringan dan acara pemeriksaan pelanggaran lalu-lintas. Untuk pemeriksaan seperti ini pada dasarnya tidak diperlukan surat dakwaan.

Advertisement

Advertisement