Advertisement

Dalam geodesi, artinya teknik pengukuran dan penentuan letak suatu tempat atau wilayah di bawah, di atas atau pada permukaan bumi.

Jenis Survai. Bergantung pada luas cakupan wilayah survai, dikenal adanya survai bidang-datar (plane survey), yakni survai yang mencakup wilayah sempit (dengan garis tengah bidang kira-kira 20 kilometer) sehingga faktor kelengkungan bumi tidak terpengaruh, dan survai geodetik {geodetic survey), yakni survai yang mencakup wilayah sangat luas sehingga faktor kelengkungan bumi diperhitungkan. Secara teknis, pengukuran searah gravitasi bumi disebut vertikal, sedangkan pengukuran tegak lurus terhadap gravitasi bumi disebut horizontal. Survai mengenal empat macam pengukuran, yakni pengukuran panjang horizontal atau jarak, pengukuran panjang vertikal atau beda ketinggian (elevasi), pengukuran sudut horizontal yang diukur terhadap bidang rata horizontal, dan pengukuran sudut vertikal yang diukur terhadap b lang rata vertikal.

Advertisement

Survai daratan merupakan jenis survai di atas tanah yang dilaksanakan untuk menentukan posisi horizontal dan vertikal relatif dari suatu topografi untuk digunakan sebagai penanda batas wilayah atau sebagai penunjuk posisi suatu bangunan. Survai topografik mencakup pengukuran ketinggian dan kecuraman untuk keperluan pembuatan peta, sedangkan survai rekayasa dibuat di wilayah-wilayah tempat akan dibangunnya jembatan, jalan, terusan, atau bangunan lain-nya. Survai daratan ini mencakup pula survai bawah- tanah, untuk menentukan letak suatu bangunan di bawah tanah, misalnya jaringan pipa air, terowongan, dan sebagainya.

Survai hidrografik, yakni survai yang dilakukan di daerah berair, dimaksudkan untuk menentukan koordinat horizontal permukaan air dan kedalaman air pada titik tersebut. Survai hidrografik terutama dimanfaatkan untuk memetakan dasar sungai, danau, atau laut baik untuk keperluan rekayasa suatu bangunan maupun untuk penentuan jalur pelayaran.

Peralatan Survai. Peralatan terpenting untuk melakukan survai antara lain adalah transit, yakni teleskop kecil yang berdiri di atas kaki-tiga, dilengkapi dengan busur-derajat horizontal dan vertikal untuk pengukuran sudut. Selain itu transit juga dapat menentukan jarak dan kadang-kadang juga dilengkapi kompas sehingga memudahkan pensurvai dalam membuat denah utara-selatan.

Untuk mengukur panjang atau jarak suatu wilayah, pensurvai menggunakan pita pengukur dari baja; biasanya sepanjang 15, 30, atau 50 meter. Pengukuran dengan presisi lebih tinggi dapat diperoleh apabila digunakan pita pengukur dari bahan invar, yakni campuran nikel dan baja yang memiliki koefisien muai kecil.

Meskipun radar, sonar, loran,dan peralatan navigasi lain merupakan alat elektronik pengukur jarak, tetapi karena ketelitiannya rendah, maka alat tersebut tidak digunakan dalam survai. Peralatan elektronik pengukur jarak berketelitian tinggi yang digunakan dalam survai adalah perangkat ‘geseran-fase’. Beberapa jenis perangkat ‘geseran-fase’ telah dikembangkan; semuanya memiliki prinsip kerja yang sama. Seperti halnya gelombang radio, perangkat ‘geseran- fase’ menggunakan gelombang pembawa yang di- modulasi dengan suatu isyarat, hanya saja frekuensi gelombang pembawa pada perangkat ini jauh lebih tinggi. Geodimeter menggunakan cahaya yang dibangkitkan oleh laser, sedangkan telurometer meng-gunakan mikrogelombang sebagai gelombang pem-bawanya. Keduanya menggunakan osilator berfrekuensi rendah yang sangat stabil untuk memodulasi gelombang pembawa. Pada pengoperasiannya, pemancar diletakkan di suatu tempat dan kemudian isyarat keluarannya di arahkan ke seperangkat pemantul sehingga kembali ke tempatnya semula. Fase antara isyarat yang datang dan isyarat yang keluar dari pemancar dibandingkan untuk menentukan jaraknya. Ketelitian yang lebih tinggi akan didapatkan apabila digunakan isyarat cahaya. Sedikit koreksi kesalahan perlu dilakukan untuk mengkompensasi pembelokan berkas cahaya akibat indeks bias atmosfer.

Incoming search terms:

  • apa itu geseran fase
  • apa yang di maksud geseran fase
  • geseran fase

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • apa itu geseran fase
  • apa yang di maksud geseran fase
  • geseran fase