Advertisement

Karya sastra Melayu yang ditulis di Riau dan salinannya pernah diterbitkan di Singapura pada tahun 1917. Karya sastra ini pada dasarnya terdiri atas tiga cerita yang dijalin sedemikian rupa sehingga menjadi satu cerita yang berpokok persoalan kesetiaan lelaki dalam percintaan.

Cerita pertama dikisahkan oleh tokoh Azis yang dijumpai oleh putra Raja Malik Sulaiman, Tajul Muluk, yang sedang berburu. Azis mengisahkan bahwa semula ia telah bertunangan dengan Azizah, namun ia meninggalkannya karena terpesona pada Dalilah. Azizah memaafkan perbuatan Azis, bahkan menolong Azis sehingga dapat memiliki Dalilah. Setelah menolong Azis, Azizah meninggal dunia. Meskipun telah beristrikan Dalilah, Azis dipaksa kawin juga oleh seorang perempuan lain. Oleh istri barunya ini Azis baru diperbolehkan kembali ke Dalilah setelah ia memberikan seorang anak. Namun Azis ditolak o! h Dalilah, begitu pula ia ditolak oleh perempuan h n itu. Maka mengembaralah ia sampai bertemu dengan Tajul Muluk.

Advertisement

Cerita kedua adalah tentang putri Raja Parsi, Saida- tuddunia, yang menolak lamaran Tajul Muluk karena ketidakpercayaannya kepada kesetiaan lelaki. Putri Parsi ini pernah bermimpi tentang seekor burung jantan yang kena jerat dan ditolong oleh burung betina, tetapi ketika burung betina terjerat, burung jantan yang pernah ditolong itu tak mau menolongnya dan bahkan terbang sesuka hati.

Cerita ketiga perihal Tajul Muluk sendiri. Setelah mengetahui alasan penolakan putri Raja Parsi untuk menikah, Tajul Muluk menunjukkan sebuah lukisan yang menggambarkan bagaimana seekor burung betina tak mau menolong burung jantan yang terjerat. Putri akhirnya sadar bahwa ia terhanyut dalam mimpinya. Maka jatuh cintalah ia kepada Tajul Muluk, dan keduanya bercumbu dalam istana. Memergoki kejadian ini Raja Parsi murka dan memenjarakan Tajul Muluk. Sementara itu ayah Tajul Muluk, Raja Malik Sulaiman, mengerahkan tentaranya ke P; si untuk membebaskan anaknya. Akhirnya Tajul Muluk dinikahkan dengan Saidatuddunia dan kembali ke negeri asalnya serta menggantikan kedudukan ayahnya sebagai raja.

Incoming search terms:

  • contoh syair tajul muluk
  • arti tajul muluk
  • syair tajul muluk dari

Advertisement
Filed under : Bikers Pintar, tags:

Incoming search terms:

  • contoh syair tajul muluk
  • arti tajul muluk
  • syair tajul muluk dari